Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » GMPK SIAP BERI PENYULUHAN PENCEGAHAN KORUPSI KE DESA

GMPK SIAP BERI PENYULUHAN PENCEGAHAN KORUPSI KE DESA

(1900 Views) April 21, 2016 8:05 am | Published by | 243 Comments

SANGATTA – Pelantikan pengurus perhimpunan gerakan masyarakat perangi korupsi (GMPK) Kabupaten Kutai Timur dilakukan pagi tadi (21/4). Pelantikan ini berdasarkan keputusan dewan pimpinan pusat perhimpunan gerakan masyarakat perangi korupsi (GMPK) dengan Nomor 27/KPTS/GPK/OG/IV/2016 tentang pembentukan dan penetapan, pengesahan dewan pengurus daerah perhimpunan gerakan masyarakat perangi korupsi Kabupaten Kutai Timur.

Sebagaian besar anggota dari GPMK adalah aktivis, tokoh agama dan kalangan lainnya. GPMK didirikan pada 23 Oktober 2013, pendirian gerakan ini didasari atas kepedulian terhadap nasib Bangsa Indonesia yang sedang menghadapi banyaknya pelaku korupsi. Tidak hanya berdiri di pusat gerakan ini  selanjutnya membentuk DPD di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Kutai Timur yang resmi dibentuk pada hari ini dengan diketuai mantan ketua DPRD Kutai Timur periode 2001-2004 Abdal Nanang. 23 pengurus GMPK Kabupaten Kutai Timur dilantik oleh ketua Umum GMKP pusat, Bibit Samad Rianto di ruang meranti kantor bupati Timur Kutai Timur dan disaksikan oleh Bupati Ismunandar dan Wakil Bupati kutai Kasmidi Bulang.

Dalam sambutannya, Abdal Nanang mengatakan, dengan dikucurkannya dana ke desa baik APBD maupun APBN yang nilainya bisa mencapai lima milyar rupiah perdesa,  dirasa penting untuk mengawal dan memberikan penyuluhan ke desa-desa. Hal ini dilakukan agar para kepala desa dapat terhindar dari tindakan hukum yang menyangkut korupsi. Selanjutnya akan diadakan penyuluhan-penyuluhan kepada kepala desa karena dengan kesalahan administrasi saja kepala desa dapat digolongkan menjadi pelaku korupsi.

(Voice – Abdal Nanang GMPK)

GMPK dibentuk dengan tujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penangkalan terjadinya korupsi hal ini dikarenakan adanya beberapa individu masyarakat Kabupaten Kutai Timur yang mempunyai niat dan komitmen untuk berperan dalam pencegahan dan penangkalan tindakan korupsi. Untuk itu GMKP berkomitmen untuk mengawal keseluruhan desa di Kabupaten Kutai Timur dalam mengelola alokasi-alokasi dana desa. Kegiatan lainya GMKP juga memberikan penyuluhan-penyuluhan pengenalan tindakan-tindakan korupsi dan pencehannya kepada para siswa siswi sekolah dan mahasiswa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

243 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments