Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gubernur : Kutim Jadi Pelopor Pengumpul Zakat di SKPD

Gubernur : Kutim Jadi Pelopor Pengumpul Zakat di SKPD

(448 Views) Juni 22, 2016 7:06 am | Published by | No comment

IMG20160622102131Sangatta – Gubernur Kalimatan Timur, Awang Faroek Ishak melakukan teleconference dengan Bupati/Walikota  mengenai pelaksanaan Ramadhan 1437 H dan Zakat di Kabupaten /Kota Se-Kaltim. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Bupati Kutai Timur, Ismunandar , Jajaran Pejabat Pemkab Kutim, dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Perwakilan Bank, Perwakilan Perusahaan serta para mustahik penerima zakat yang ada di Kutim.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar mendapat giliran ketiga setelah Walikota Bontang dan Bupati Paser di teleconference oleh Gubernur Awang Faroek Ishak. Pada kesempatan tersebut Ismunandar melaporkan Kabupaten Kutai Timur pada tahun 2015 pencapaian yang terkumpul oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim, telah mencapai Rp.5.953.000.000,- dan pada tahun ini mulai Januari-Juni 2016 sudah mencapai hampir Rp.2.000.000.000,-. Adapun jumlah Mustahik 12.946 orang. Ismu mengatakan dari dana yang terkumpul itu, belum termasuk Perusahaan-Perusahaan yang ada di Kutim. Ismun berharap pada tahun berikutnya pencapaian Zakat di Kutim nantinya bisa  sampai 7 Miliar.

Selain itu, Ismu juga melaporkan bahwa Baznas Kutim pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan Zakat Award tingkat Nasional oleh Mentri Agama RI, pada kategori management kelembagaan Baznas se-Indonesia.

Voice Bupati Ismunandar

Selanjutnya, menanggapi laporan dari  Bupati Kutim Ismunandar, Gubernur Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Kutai Timur, Dia mengatakan bahwa Kabupaten Kutai Timur, dari dulu sudah menjadi pelopor dalam pengumpulan Zakat di SKPD, Awang meminta agar pengumpulan zakat  ini terus dilanjutkan.

Voice Gubernur Awang Faroek Ishak

Terpisah, Ketua Baznas Kutim Idrus Yunus saat ditemui awak media usai kegiatan tersebut juga menyampakan aprsiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang ada di Kutim yang telah menjalin kerjasama yang baik dalam pengumpulan zakat, sehingga zakat bisa disalurkan dengan baik kepada mereka yang berhak menerimanya.

Terkait dengan target Zakat Kutim tahun 2017 mendatang, Idrus Yunus optimis Kutim bisa mencapai 10 Miliar, karena selama ini pihak Perusahaan yang ada di Kutim belum ikut serta dalam mengumpulkan Zakat di Baznas Kutim. Terkait dengan hal itu, Idrus mengungkapkan bahwa Bupati sebelumnya telah menandatangani MOU tentang zakat kepada karyawan-karyawan yang ada di Perusahaan, baik tambang maupun Perkebunan yang ada d Kutim.

Idrus mengungkapkan pendapatan terbesar zakat di Kutim sendiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau TK2D yang di lingkup Pemkab yang sadar Zakat. Kedepan dia berharap agar perususahaan-Perusahaan yang ada di Kuti turt serta mengumpulkan zakat, sehingga target bisa mencapai 15 Miliar jika perusahaan-perusahaan tersebut turut serta dalam pengumpulan Zakat

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments