Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gugat Lahan, Warga Tutup Paksa Tambang KPC di Bengalon

Gugat Lahan, Warga Tutup Paksa Tambang KPC di Bengalon

(788 Views) Agustus 16, 2016 9:27 am | Published by | No comment

Sangatta. Kisruh klaim atas kepemilikan lahan antara masyarakat dengan pihak perusahaan tambang kembali terjadi. Kali ini klaim kepemilikan lahan dilakukan oleh warga atas nama Dijin Damanik terhadap lahan tambang yang tengah digarap oleh PT Kaltim Prima Coal (KPC) di pit B yang berada di Kecamatan Bengalon.  Dikabarkan sejak, Senin (15/8) sore, warga yang berjumlah sekitar 20 orang menghentikan secara paksa kegiatan penambangan di areal pit B, tersebut. Hal tersebut dibenarkan Kapolres Kutai Timur AKBP Rino Eko didampingi Kabag Ops Kompol Bambang Herkamto.

Diterangkan, kasus sengketa lahan ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2012 silam. Namun hingga kini belum berujung mufakat dan bahkan sudah direncanakan untuk dilanjutkan ke pengadilan. Untuk penggugat Dijin Damanik sendiri sebenarnya pada awalnya merupakan perseorangan. Namun kini masih dalam tahap pendalaman apakah merupakan kelompok tani atau bukan.

Lanjut Kompol Bambang, Senin (15/8) kemarin, sebenarnya sejak pagi sudah ada perundingan antara pihak penggugat dengan pihak PT KPC. Namun ternyata perundingan tersebut menemui kebuntuan atau deadlock, sehingga penggungat yang membawa penasehat hukum dan  beberapa warga masyarakat langsung mendatangi lokasi tambang dan menghentikan aktifitas secara paksa. Pihak KPC juga langsung menghentikan kegiatan operasional karena merasa situasi tidak memungkinkan.

Lebih jauh, Kompol Bambang mengatakan bahwa siang ini pihaknya akan menuju lokasi dan bertemu langsung dengan kedua belah pihak. Dirinya berharap permasalahan ini masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Mengingat belajar dari pengalaman menangani kasus Dahlia, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pihak PT KPC melalui Yorden Apung selaku Humas dan Eksternal KPC mengaku belum mengetahui kejadian tersebut. Pihaknya malah mengaku baru mengetahui permasalahan ini setelah dikonfirmasi awak media. Namun dirinya berjanji akan segera melakukan pengecekan terkait permasalahan penutupan pit B tambang KPC di Bengalon.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments