Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Hadapi Karhutla, Pemkab Kutim Gelar Apel Kesiapan Penaggulangan Karhutla

Hadapi Karhutla, Pemkab Kutim Gelar Apel Kesiapan Penaggulangan Karhutla

(113 Views) September 10, 2018 9:24 pm | Published by | No comment

Sangatta – Memasuki musim kemarau yang sering menimbulkan persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemkab Kutai Timur dengan Tim Khusus penanganan Karhutla menggelar Apel Kesiapan Penanggulangan di lapangan Heliped Bukit Pelangi, Senin, 10 September.

Apel diikuti tujuh ratus Sembilan puluh personiel gabungan dari TNI/Polri, Perwakilan SKPD dan FKPD, serta para Camat dan juga perwakilan perusahaan perkebunan dan pertambangan.

Dalam amanatnya, Bupati Kutai Timur, Ismunandar menyampaikan, Kutai Timur merupakan salah satu daerah yang rentan terhadap bencana karhutla, oleh karena itu digelar apel kesiap siagaan dalam menanggulangi karhutla di Kutai Timur.

Ismu menambahkan, sebagai gambaran, pada Oktober 2015 lalu, terjadi karhutla di kawasan Bukit Pelangi dan rumah jabatan serta di Kecamatan lain. Berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, serta koordinasi yang baik, maka bencana tersebut dapat ditanggani dengan cepat.

Berdasarkan data BPBD Kutai Timur, sepanjang tahun 2015 ada lima ratus enam puluh Titik api, jumlahnya terus menurun pada tahun 2016 serta 2017, demikian juga di tahun 2018 yang hanya berjumlah tiga puluh sembilan titik spot api dengan tingkat keakuratan delapan puluh persen.

Meski mengalami penurunan jumlah titik api, namun menurut Ismu memang harus tetap siap siaga, jangan sampai banyak terjadi karhutla baru disiapkan. Untuk itu apel kesiapan penanggunalangan karhutla akan dilakukan juga di setiap kecamatan oleh masing-masing Camat.

Titik rawan yang sudah terdeteksi yakni, Kecamatan Muara Bengkal, Batu Ampar, Telen, Muara Ancalong, Busang dan Wahau.

Usai pelaksanaan Apel, Ismu didampingi Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, Sekertaris Daerah, Kapolres Kutim, Dandim 0909 Sangatta serta Danlanal Sangatta langsung melakukan pengecekan armada dan peralatan pemadaman karhutla.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Hadapi Karhutla, Pemkab Kutim Gelar Apel Kesiapan Penaggulangan Karhutla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.