Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Hanya Bermodalkan Plasma, Desa Suka Maju Sukses Jadi Percontohan Pengelolaan PADes

Hanya Bermodalkan Plasma, Desa Suka Maju Sukses Jadi Percontohan Pengelolaan PADes

(245 Views) Juni 18, 2019 6:00 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Untuk menjadi desa yang mampu dan mandiri diharapkan setiap desa dapat mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). selain itu, dengan penguatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dalam meningkatkan PADes, diharapkan pengeluaran keuangan desa menjadi lebih optimal. hal inilah yang mendasari Desa Suka Maju, salah satu Desa yang ada di Kecamatan Kongbeng untuk mengelola PADes dengan baik yang sekaligus menghantarkan Desa Suka Maju menjadi salah satu percontohan sukses kelola PADesnya.

Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng Rosidi Ditemui pada Pembukaan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Untuk Meningkatkan PADes menjelaskan,  bahwa sumber pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Suka Maju berasal dari kebun plasma yang dikelola melalui kerjasama dengan Perusahaan kelapa sawit. dikatakan Rosidi, luas kebun plasma yang dimitrakan dengan kebun sawit tersebut seratus dua belas hektar (112 )Ha.  dengan luasan itulah yang dikelola oleh pemerintah desa untuk membantu pemberdayaan pemerintah desa. Tak sulit bagi mereka untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan sawit yang ada di Kongbeng karena letaknya yang strategis. adapun PT. Sinar Mas adalah perusahaan yang bermitra dengan Desa Suka Maju. demikian dijelaskan Rosidi yang juga didampingi Nur Huda, Sekretaris Desa Suka Maju.

Lebih lanjut dijelaskan Rosidi, untuk saat ini yang paling maksimal untuk meraup PADes adalah memanfaatkan tanah kas desa, dengan cara bermitra dengan perusahaan dengan membagi hasil plasma, 70 % untuk perusahaan dan 30 % untuk desa. namun pada tahun 2022 nanti pembagian hasil plasma tersebut akan dikembalikan menjadi 70 % untuk Desa. kerjasama ini membuat Desa Suka Maju tidak bergantung pada DD dan ADD.

Pendapatan Asli Desa Suka Maju disalurkan untuk APBDes penyelenggaraan pemerintahan desa seperti pengangkatan Staff, bantuan sosioal, bantuan pendidikan, bantuan pembangunan BPU dan rumah ibadah. Perlu diketahui, pembangunan kantor desa, pengadaan mobil ambulance dan mobil sampah murni 100 % dari PADes, untuk kantor desa senilai 750 juta. rencananya tahun ini juga akan segera dibangun pengelolaan pariwisata yang dananya bersumber dari PADes.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

1 Komentar for Hanya Bermodalkan Plasma, Desa Suka Maju Sukses Jadi Percontohan Pengelolaan PADes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.