Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Harga Bawang Putih dan Cabe Merah Semakin Meroket

Harga Bawang Putih dan Cabe Merah Semakin Meroket

(371 Views) September 9, 2015 9:07 am | Published by | No comment

Sangatta. Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, terjadi peningkatan harga-harga sayur mayur di pasaran. Beberapa jenis sayur, seperti bawang putih dan cabe merah kini mengalami peningkatan harga mendekati 100 persen.
Menurut Kepala UPT Pasar Pasombaran, imbas akibat kemarau dan krisis ekonomi diikuti jelang Hari Raya Idul Adha, mengakibatkan sejumlah barang-barang di pasar mengalami peningkatan. seperti daging sapi, walaupun kini masih di level harga yang dianggap wajar yakni Rp120.000 per kilogram, namun beberapa hari jelang Idul Adha diperkirakan akan naik antara Rp10000 hingga Rp15000 per kilogramnya. Sementara yang cukup signifikan adalah terjadinya kenaikan harga pada bawang putih yang kini sudah berada di harga Rp50000 per kilogramnya. Padahal sebelumnya bawang putih dijual dengan harga Rp30000 per kilogramnya. Hal ini karena ongkos kirim bawang putih yang cukup tinggi akibat 100 persen harus didatangkan dari luar Kalimantan, seperti Jawa dan Sulawesi.
Sementara, cabe merah juga sudah berada di kisaran harga Rp120.000 per kilogramnya. Hal ini merupakan imbas kemarau yang menyebabkan banyaknya tanaman cabe yang mati. Sehingga sebagian besar petani cabe sebagai pemasok menghentikan pasokan cabenya ke pasar.
(voice)
Lebih jauh dikatakan Sombaran, harga-harga ini akan terus merangkak naik seiring mendekati Hari raya Idul Adha. Namun kemungkinan besar juga akan kembali normal kembali usai hari raya dan bila kondisi cuaca juga ikut membaik.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of