Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hasil Musrenbang Kabupten Kutai Timur

Hasil Musrenbang Kabupten Kutai Timur

(3800 Views) Maret 23, 2016 7:35 am | Published by | 103 Comments

Sangatta – Setelah melalui proses perencanaan dan kajian terhadap arahan Bupati Kutai Timur, paparan Kepala Bappeda Kabupaten Kutai timur, paparan Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, usulan program dan kegiatan dari kecamatan, yang dirumuskan dalam 3 (tiga) bidang, yaitu Bidang Sosialisasi dan Pemerintahan, Bidang Ekonomi dan Bidang Fisik dan Prasarana. Maka dari 1.570 usulan Kecamatan yang diakomodir dalam Forum Gabungan SKPD tahun 2016, dan sinkronisasi dengan Rancangan Renja SKPD tahun 2017. Hal ini katakan Sekretaris Bappeda Kabupaten Kutai Timur Arjohansyah saat ditemui awak media diruang Kerjanya siang tadi rabu (23/3/2016).

Lebih jauh Arjohansyah mengungkapkan sebagaimana tertuang dalam berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Kutai Timur tahun2017  di Gedung Serba Guna pada 21-22 Maret 2016 yaitu yang pertama Bidang Sosial Budaya dengan pokok pembahasan Peningkatan Aksesibiltas, Pemerataan dan Kualitas Kesehatan, Peningkatan Aksesibilitas, Pemerataan dan Kualitas Pendidikan, Peningkatan Kualitas SDM berbasis teknologi tepat guna dan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan kualitas SDM Aparatur dan Tata Krlola Pemerintah Daerah, yang disepakati sebanyak 242 Program, 995 kegiatan dan 313 usulan.

Dua Bidang Ekonomi yakni dengan pokok pembahasan peningkatan pemanfaatan keanekaragaman udaya dan hayati sebagai Wisata terintegritas (Ekowisata), peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan berkelanjutan, serta pengembangan komoditas Agribisnis Unggulan Daerah menuju Daya saing Daerah, yang diepakti sebayak 102 program, 439 kegiatan dan 569 usulan.

Tiga Pembangunan Bidang Fisik Prasarana dengan pokok pemabhasan peningkatan kualitas prasarana, sarana dan utilitas umum, yang disepakati sebanyak 543 usulan Kecamatan yang masuk dalam Pro-SIM dan 202 usulan tambahan yang telah diakomodir dalam renja SKPD pada saat Musrenbang RKPD, zsehingga total keseluruhan sebanyak 745 usulan.

Voice (Arjohasyah – Hasil Musrenbang)

Lebih lanjut untuk perampungan Musrenbang sendiri dikatakan Arjohansyah bahwa usulan-usulan dalam Musrenbang tersebut akan diupayakan akan menjadi Raperda paling lambat bulan Juni mendatang untuk masuk ke DPRD yang tentu masih akan diusulkan terklebih dahulu dengan Bagian Hukum untuk membuat kesepakatan jadwal dengan DPRD Kabupaten Kutai Timur. Setelah Musrenbang inilah Bappeda akan membuat Rancangan Awal untuk melukan mapping yang jelas yang akan mengahsilkan arah kebijakan sampai Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Selanjutnya Arjohansyah harapan dari semua kegiatan yang telah dilaksankan, dikatakan untuk mengawali dari masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih butuh kerja keras dan kerja sama semua pihak, baik dari Pemerintah Desa, Kecamatan, SKPD dan Stakeholder lainnya serta keterlubatan semua masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

103 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments