Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hasil Operasi Patuh 2016, Dalam 14 Hari Satlantas Polres Kutim Tilang 908 Pelanggar

Hasil Operasi Patuh 2016, Dalam 14 Hari Satlantas Polres Kutim Tilang 908 Pelanggar

(436 Views) Mei 30, 2016 2:21 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dalam Operasi Patuh 2016 yang digelar serempak di Indonesia sejak tanggal 14 hingga 29 Mei 2016, jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kutai Timur telah melakukan penilangan kepada 908 pengendara. Angka penindakan ini ternyata naik 108 persen jika dibandingkan tahun 2015, yang mana Satlantas Polres Kutim hanya menilang 436 pengendara.

Dikatakan Kapolres Kutim AKBP Rino Eko didampingi Kasatlantas AKP Ramadhanil, Senin (30/5), pelaksanaan operasi patuh tahun ini memang difokuskan pada penindakan. Selain itu, jumlah pengendara kendaraan bermotor di Kutaim juga mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sehingga dirinya menilai wajar, jika angka pelanggar lalu lintas naik drastis jika dibandingkan operasi yang sama tahun lalu. Namun demikian, dirinya menilai kesadaran masyarakat Kutim dalam mengutamakan keselamatan saat berkendara sudah semakin meningkat.

Ditambahkan AKP Ramadhanil, kendaraan yang ditilang ini didominasi oleh kendaraan roda dua (R2) sebanyak 746 pengendara, 163 pengendara roda empat (R4) dan kendaraan roda enam (R6). Sementara kesalahan yang kerap dilakukan sehingga dilakukan penilangan, paling banyak diakibatkan kelalaian karena tidak membawa atau melengkapi surat kendaraan seperti STNK dan SIM, saat berkendara. Selain itu, ada pula pelanggaran lalu lintas nyata seperti melawan arus, tidak memakai helm, menggunakan knalpot recing, dan menerobos lampu merah.

Lebih jauh dikatakan, dalam operasi patuh 2016 kali ini, masih difokuskan di daerah Sangatta dan sekitarnya. Misalnya di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Jalan Poros Sangatta-Bontang, dan Jalan Poros Sangatta-Bengalon. Untuk di kecamatan lainnya, juga dilakukan imbangan.

Sementara untuk data laka lantas, pada operasi kali ini hanya terjadi 2 kasus laka lantas, turun 3 kasus dari tahun lalu sebanyak 5 kasus laka lantas. Sedangkan kasus meninggal dunia akibat laka lantas tahun ini hanya satu pengendara.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments