Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hasil Otopsi, Luka Lebam dan Sayatan Ditemukan di Tubuh Orang Utan yang Mengapung di Sungai Sangatta

Hasil Otopsi, Luka Lebam dan Sayatan Ditemukan di Tubuh Orang Utan yang Mengapung di Sungai Sangatta

(433 Views) Mei 4, 2016 8:17 am | Published by | No comment

Sangatta. Centre for Orangutan Protection (COP) beserta Polres Kutim, Taman Nasional Kutai (TNK) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, merilis hasil otopsi terhadap bangkai Orang Utan yang ditemukan mengapung di Sungai Sangatta, Minggu (1/5) belum lama ini. Dari hasil nekrospi atau otopsi yang dilakukan, Senin (2/5) lalu, oleh tim gabungan ini menemukan adanya puluhan luka lebam dan luka terbuka ditubuh Orang Utan naas tersebut.

Menurut dokter hewan Ade Fitria Alfiani dari COP, dari hasil pemeriksaan terhadap bangkai Orang Utan yang mengapung di Sungai Sangatta tersebut, diketahui hewan naas tersebut berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia sekitar 25 tahun. Selain itu, waktu kematian Orang Utan tersebut diperkirakan antara 5 hari hingga 7 hari. Hal ini berdasarkan analisis waktu Orang Utan ini mengapung dan perkembangan larva. Selain itu, ditemukan adanya luka lebam dan luka terbuka hingga sayatan ditubuh bangkai Orang Utan tersebut.

(Voice : COP drH Ade Fitri – Hasil Otopsi Orang Utan)

Lanjutnya, luka lebam ditemukan ada 5 titik luka di bagian Cheekpad, punggung bagian kiri, betis, bahu dan dada bagian depan. Sementara luka terbuka ditemukan 4 titik yang berada di bagian lengan tangan, bagian atas, punggung tangan kiri, telapak kaki kiri dan bagian ibu jari. Serta ditemukan pula luka sayatan pada bagian betis kanan, dada samping kiri dan lengan kiri sepanjang 15 cm (Centimeter) dan dalam 1 cm. Selain itu, adapula luka bakar pada lengan kanan bagian bawah dengan panjang 20 cm dan lebar 5 cm.

Sementara, diperkirakan hewan ini telah mati sebelum tenggelam di Sungai Sangatta. Hal ini terindikasi dari terapungnya paru-paru dan tidak ditemukannya pasir atau kerikil di dalam paru-paru hewan naas ini. Hasil otopsi ini kemudian diserahkan kepada Polres Kutim untuk ditindaklanjuti.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments