Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » HASIL PANEN PADI DI MIAU MENINGKAT

HASIL PANEN PADI DI MIAU MENINGKAT

(423 Views) Juli 13, 2016 10:21 pm | Published by | No comment

Sangatta – Hasil panen raya padi sawah yang dilakukan di Desa Miau Kecamatan Kongbeng meningkat dari panen sebelumnya. Panen sesbelumnya yang dilakukan di bulan Maret lalu menghasilkan lima ton padi kering perhektarnya sedangkan pada panen di triwulan kedua yang dilakukan Rabu kemarin (13/7),  panen padi yang didapat petani meningkat satu ton lebih banyak menjadi enam taon padi kering perhektarnya. Peningkatan ini dipengaruhi berbagai faktor diataranya penanaman yang dilakukan serempak sehingga dapat mengurangi kerugian serangan hama dan irigasi yang cukup.

Sebanyak tiga ratus lima belas hektar sawah yang tergabung dalam Sembilan kelompok tani berhasil menghasilkan padi kering sebanyak seribu delapan ratus sempulan puluh ton. Dari tiga ratus lima belas sawah tersebut dimiliki oleh enam ratus tujuh puluh tiga kepala keluarga, hampir keseluruhan Warga di Miau memiliki lahan sawah.

Menurut Camat Kongbeng, Furkani yang ditemui saat mendampi Wakil Bupati dalam pesta panen padi mengatakan, hasil panen padi di kecamatan kongbeng dapat memenuhi kebutuhan padi di kecamatan tersebut dan melayani kebutuhan perusahaan-perusahaan di kongbeng yang membutuhkan sebanyak sepuluh ton per bulannya. Hasil panen padi sampai belum dapat di salurkan keluar daerah kongbeng namun kedepannya hasil panen padi akan terus ditinggkatkan sehingga dapat mendukung Kutai Timur swasembada padi.

Berbagai dukungan juga menjadi bagian dari keberhasilan panen tersebut, selain dukungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, perusahaan di Kecamatan Kongbeng juga memiliki andil dengan membangun jalan-jalan dipersawahan sehingga memberikan kemudahan petani dalam mobilisasi baik masa tanam maupun panen.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments