Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hewan Kurban di Sangatta Direkomendasi Layak Kurban

Hewan Kurban di Sangatta Direkomendasi Layak Kurban

(474 Views) September 9, 2016 6:47 am | Published by | No comment

Sangatta. Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, tahun ini, tentu masyarakat yang sudah berhajat untuk melakukan kurban akan beramai-ramai memadati pengepul-pengepul hewan kurban yang menyediakan hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Namun tentunya masyarakat harus pandai memilih dan mengetahui hewan kurban yang sehat dan bersih untuk berkurban. Untuk itu Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur, menurunkan tim pemeriksa kesehatan hewan-hewan kurban ini.

Menurut Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur, Marjoni didampingi Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum, mengatakan bahwa menjadi hal yang rutin setiap tahunnya terutama menjelang pelaksanaan Hari Raya Kurban, Distanak Kutim menurunkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban yang menyertakan dokter hewan. Pemeriksaan dilakukan di pengepul-pengepul hewan kurban yang tersebar di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Sementara di kecamatan lainnya, diserahkan kepada tim kesehatan hewan atau PPL Pertanian yang ada di masing-masing kecamatan.

Dikatakan Diah, pengecekan dilakukan yakni anti mortem atau sebelum dilakukan penyembelihan, dilakukan untuk meihat kondisi fisik luar hewan kurban. Apakah ada luka, cacat dan beberapa kondisi fisik lainnya yang memperlihatkan apakah hewan tersebut sehat atau terindikasi mengidap penyakit. Untuk kondisi organ dalam hewan kurban baru bisa diketahui setelah dilakukan penyembelihan di masing-masing masjid pada hari raya kurban dan 2 (dua) hari sesudahnya. Sementara kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Kutai Timur dalam 5 tahun belakangan ini antara 400 ekor hingga 500 ekor sapi.

(Voice : Peternakan Diah –Pengecekan Hewan Kurban)

Sementara itu, menurut Kepala Seksi Kesehatan Hewan, dokter hewan (drH) Kurniawan, dari hasil pengecekan hewan kurban pada 12 pengepul dan penjual hewan kurban di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, baik sapi maupun kambing, diketahui bahwa semua hewan kurban tersebut dalam keadaan baik dan sehat. Pengecekan dilakukan pada 462 ekor sapi dan 716 ekor kambing. Dari hasil pengecekan anti mortem atau sebelum disembelih, keseluruhan hewan kurban yang dijual tersebut mendapat rekomendasi layak untuk kurban.

(Voice : Peternakan drH Kurniawan – Pengecekan Hewan Kurban)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments