Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Hingga 2019, Dinkes Kutim Temukan 4 Kasus TB MDR, Terbanyak Teluk Lingga

Hingga 2019, Dinkes Kutim Temukan 4 Kasus TB MDR, Terbanyak Teluk Lingga

(47 Views) Januari 23, 2020 4:24 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Dinas Kesehatan Kabupaten  (Dinkes) Kutai Timur sejak tahun 2017 hingga 2019 telah menemukan 4 kasus MDR atau Multidrug Resistant Tuberculosis (MDR TB) dengan sebaran tertinggi di Kecamatan sangatta Utara tepatnya di Teluk Lingga.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim, Dr.Bahrani menguraikan, dari empat kasus tersebut baru ada tiga kasus diantaranya yang sudah ditangani sementara masih ada satu kasus yang saat ini menjadi fokus utama Dinas Kesehatan. Dikatakan Bahrani, kasus seperti ini tidak bisa ditangani dengan pengobatan biasa, harus melalui ahlinya seperti dokter spesialis paru. Sementara di Kutim sendiri sudah ada dokter spesialis di RSUD Kudungga namun belum maksimal apabila harus  menjangkau 18 Kecamatan.

Menurutnya, apabila MDR pada seseorang sudah menjalar dan salah dalam penangannya akan lebih sulit untuk melakukan pemulihan karena obat yang dikonsumsi sudah tidak berfungsi. pengobatan MDR yang awalnya hanya 6 bulan menjadi 2 tahun kemudian ditambah 2 bulan suntik secara rutin. suntikan inilah yang bisa menggerogoti tubuh penderitanya. Namun tidak ada pilihan lain selain suntik sebab obat sebelumnya sudah tidak berfungsi.

Untuk itu, melalui kunjungan dari WHO dan global fund selaku penyandang dana dari penyakit TB Kemenkes, Dinkes Kutim meminta saran terkait minimnya SDM utamanya letak geografis Kutim yang luasnya hampir sama dengan Jawa barat.

Voice Normaida

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Pusat Herbal Semarang Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Pusat Herbal Semarang
Guest

semoga segera ada solusi terbaik.. sukses