Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hingga Triwulan Ketiga Tahun ini, 11 Kasus Pencemaran Lingkungan Ditangani BLH Kutim

Hingga Triwulan Ketiga Tahun ini, 11 Kasus Pencemaran Lingkungan Ditangani BLH Kutim

(561 Views) Oktober 4, 2016 10:22 am | Published by | No comment

Sangatta. Hingga semester ketiga tahun ini atau hingga bulan September, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim telah menangani 11 perkara terkait pencemaran lingkungan, yang datang dari berbagai kecamatan di Kutai Timur. Demikian diungkapkan Kepala BLH Kutai Timur, Ence Ahmad Rafiddin Rizal.

Dikatakan, dari sebelas perkara pencemaran lingkungan yang ditangani BLH Kutim ini, tidak hanya datang dari pengaduan masyarakat yang kemudian ditindak lanjuti tetapi juga ada beberapa kasus yang merupakan hasil temuan dari BLH Kutim sendiri. Diakuinya, tidak semua kasus tersebut sebenarnya merupakan murni pencemaran lingkungan, tetapi ada juga yang berkaitan dengan perkara ganti rugi lahan antara perusahaan dengan masyarakat, namun dalam aduan yang diajukan masyarakat mengaku terjadinya pencemaran lingkungan. Dari kesebelas kasus lingkungan yang telah ditangani tersebut, seluruhnya mendapatkan sanksi teguran dan rehabilitasi kondisi lingkungan.

(Voice : BLH Rizal – 11 Kasus LH)

Sementara itu, Bupati Kutai Timur Ismunandar meminta agar BLH Kutim benar-benar serius menindak lanjuti jika memang ada temuan pencemaran lingkungan yang dilakukan masyarakat maupun pihak perusahaan. Bahkan jika rekomndasi sanksi sampai di meja kerjanya, Ismu memastikan akan langsung menandatangainya. Sanksi tegas terhadap pencemaran lingkungan memang harus diberikan, namun tentunya tetap sesuai prosedur. Mulai memberikan teguran, penghentian operasional sementara hingga pencabutan izin usaha jika memang tidak mengindahkan teguran yang ada. Akan tetapi Ismu juga meminta BLH Kutim harus objektif dalam menangai kasus, haruslah berdasarkan bukti kuat dan fakta di lapangan sehingga tidak dinilai hanya mencari-cari kesalahan pihak tertentu.

(Voice : Bupati – Terbukti Cemari, Beri Sanksi)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments