Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Hormansyah : Pasar Tani Lebih Murah dan Higienis

Hormansyah : Pasar Tani Lebih Murah dan Higienis

(629 Views) April 26, 2017 3:43 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Mensiasati jauhnya perbedaan harga bahan pangan seperti sayur, buah dan ikan antara petani dan pedagang, Badan Ketahanan Pangan Kutim menggelar Pasar Tani. Selain perbedaan harga yang jauh lebih murah dari pasaran, aneka sayur, buah dan ikan yang dijual di Pasar Tani tersebut terjamin lebih higienis, demikian yang disampaikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan, Hormansyah. Dengan adanya Pasar Tani memberikan peluang kepada petani untuk menikmati hasil tani dengan nilai jual sedikit lebih tinggi daripada di jual ke pedagang.

Menurut Hormansyah, dirinya merasa miris dikarenakan jauhnya perbedaan harga antara harga jual petani dan pedagang. Selain itu banyaknya bahan pangan pertanian yang distok dari luar daerah, seperti jawa maupun dari Sulawesi juga berdampak menurunnya pendapatan petani lokal di Kutim menurun.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Pasar Tani digelar untuk melindungi petani dan juga konsumen, dirinya mengatakan sering menerima keluhan petani yang mengatakan rendahnya nilai beli pedagang terhadap hasil tani mereka, sementara harga jual mereka di pasar, hampir dua kali lipat harga jual mereka. sementara untuk perlindungan konsumen, menurut Horman, hasil tani lokal Kutim jauh terpantau lebih aman dari bahan berbahaya seperti penggunaan pestisida kimia.

Digelar di halaman Badan Ketahanan Pangan Kutai Timur, Rabu, 26 April, Pasar Tani tersebut diikuti sekitar dua puluh dua petani. Kedepannya Pasar Tani akan rutin digelar, namun hanya dua kali dalam seminggu, hal tersebut juga dimaksudkan agar tidak menutup peluang bagi pedagang di pasaran.

Meski baru digelar pertama kali, kunjungan pada Pasar Tani tersebut terhitung ramai, hanya butuh waktu kurang dari tiga jam barang dagangan para petani ludes di borong pengunjung, hal tersebut memang dikarenakan hasil tani yang dipasarkan masih segar karena langsung dari petani.

Selain membudayakan untuk menggunakan hasil tanaman pertanian daerah sendiri, pasar tani juga dimaksudkan untuk membudayakan masyarakat lebih memilih makanan lokal daripada makanan instan yang sudah membudaya di masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments