Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Idul Adha: Sholat IED Dan Pemotongan Sapi Qurban Di Kutim Harus Mengikuti Protokol Kesehatan

Idul Adha: Sholat IED Dan Pemotongan Sapi Qurban Di Kutim Harus Mengikuti Protokol Kesehatan

(22 Views) Juli 28, 2020 8:12 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Memperingati Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 menyepakati ibadah diperbolehkan dilaksanakan di semua Masjid maupun lapangan dengan catatan mengikuti anjuran protokol kesehatan.

Selain itu, para orang tua dilarang membawa serta anak-anak, lansia saat melaksanakan sholat IED baik di Masjid maupun lapangan untuk menghindari penularan Covid- 19 kepada orang lain. Sementara itu, untuk pemotongan hewan qurban sudah didata hanya 3 orang per Masjid. Namun, jika hewan yang akan dipotong lebih 10 ekor bisa dikerjakan 5 orang saja. Para penyembelih hewan tersebut harus mengikuti Rapid Test  (RT) Dinkes Kutim pada Rabu, 28/7 dan kamis, 29/7/20, untuk memastikan kesehatan mereka . Demikian seluruh kecamatan petugas masjid,  bisa mendatangi masing-masing puskesmas terdekat, untuk mendapat layanan rapid tes.

Hal tersebut disampaikan Wakil ketua Gugus Tugas Plt. Bupati Kutim Kasmidi Bulang, saat memimpin rapat pelaksanaan Idul Adha di Kutim, Selasa (27/7/20), yang dihadiri Kemenag. Kutim, Takmil masjid serta seluruh kepala OPD dan FKPD di Kutim.

Ia juga meminta panitia membuat pintu masuk masjid satu jalur saja karena akan ada pemeriksaan thermogun. Sementara itu, Kepala Kemenag Kutim, Nasrun meminta agar dalam penyembelihan hewan qurban dibuatkan panitia kecil saja dan hindari kerumunan warga. Untuk daging agar dibagikan secara langsung oleh panitia tersebut kepada warga.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of