Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Ikuti Rakor Wasdanas 2020, Irawansyah Sebut Kutim Urutan Kedua Terbaik Penyaluran Anggaran Secara Nasional

Ikuti Rakor Wasdanas 2020, Irawansyah Sebut Kutim Urutan Kedua Terbaik Penyaluran Anggaran Secara Nasional

(49 Views) September 3, 2020 5:20 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Sekretaris Kabupaten Kutai Timur, Irawansyah menyebut, dibandingkan Daerah/ Kabupaten lain di Indonesia, Kutai Timur cukup bagus dalam hal penyaluran anggarannya. Baik anggran terkait Covid- 19 (C- 19) maupun PILKADA.

Bahkan, serapan penyaluran anggaran oleh Pemkab Kutim sudah sesuai dengan laporan yang dipaparkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa bahwa serapan tersebut sudah terserap sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu lanjut Irawansyah, Kutim bahkan berada di posisi kedua Daerah/Kabupaten terbaik dalam serapan anggarannya.

Sementara itu, ada beberapa hal yang menjadi penegasan Mendagri diantaranya penyaluran anggaran COVID-19, Pilkada, Dana Desa (DD) maupun  Dana BOS yang harus terus dibenahi.

Irawansyah ditemui usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakor Wasdanas) tahun 2020 diselenggarakan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri secara virtual, Kamis (3/9/20) di ruang Media Center, Diskominfo Perstik Kutim

Sebelumnya Mendagri, Tito Karnavian dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang beranggotakan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Kementerian/Lembaga dan Inspektorat Daerah, baik Provinsi, Kabupaten/Kota diharapkan dapat saling bersinergi dengan baik. Terutama dalam mengawal pemulihan ekonomi nasional mengingat tantangan pengawasan saat ini bersamaan dengan pendemi COVID-19 dan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 di 270 daerah.

Tito juga menekan tiga hal dalam mengawal pemulihan ekonomi nasional yakni, harus ada sikronisasi program antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah tingkat II dan Pemerintah Daerah tingkat I, sehingga kebijakan yang telah diambil bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya pengawasan harus dilakukan oleh Itwil daerah dan anggaran harus cepat, tepat dan akuntabel.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of