Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Imbas UU 23 2014, UPT PKHL Dinas Kehutanan Kutim Siap-siap Angkat Kaki dari Kutai Timur

Imbas UU 23 2014, UPT PKHL Dinas Kehutanan Kutim Siap-siap Angkat Kaki dari Kutai Timur

(502 Views) Oktober 11, 2015 2:14 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dengan adanya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, otomatis hampir 60 persen kewenangan yang dimiliki Pemerintah Daerah akan diambil alih oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Selain kewenangan, Pemerintah Pusat dan Provinsi juga akan menarik dan melebur beberapa Dinas dan Instansi yang selama ini berada di Daerah, menjadi Instansi vertikal atau berada dibawah koordinasi langsung Pemerintah Pusat. Seperti dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Lingkungan Hidup dan tidak ketinggalan Dinas Kehutanan, termasuk didalamnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, yang selama ini menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Kutai Timur.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Kutim Idham Edwin didampingi Kepala UPT PKHL Kutim Beny Hermawan,  dengan adanya Undang-undang 23 ini Pemerintah Provinsi Kaltim akan mengambil Dinas Kehutanan termasuk UPT PKHL yang ada sekarang. Pihaknya pun sendiri belum mengetahui apakah ada kebijakan Bupati Kutim untuk mempertahankan UPT PKHL ini.

Lanjutnya, mulai dari personil, pembiayaan operasional hingga peralatan pemadaman kebakaran UPT PKHL akan diambil alih oleh Pemprov yang rencananya akan mulai berlaku tahun depan. Selain itu, di Kutim sendiri juga tidak memiliki Taman Hutan Raya (Tahura). Sehingga otomatis Dinas Kehutanan di Kutim dianggap tidak memiliki kerjaan. Padahal menurutnya pentingnya keberadaan UPT PKHL di setiap kabupaten, terutama dalam penanganan permasalahan kebakaran hutan dan lahan, seperti yang kini tengah dihadapi Kutim.

(voice)

Lebih jauh Beny berharap Bupati Kutim bisa mempertahankan keberadan Dinas Kehutanan dan UPT PKHL untuk tetap berada dibawah koordinasi Pemkab Kutim. Mengingat pentingnya keberadaan UPT PKHL yang sudah eksis selama 3 tahun terakhir ini.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of