Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Imunisasi Rubella Dimulai, Kutim Targetkan 103.000 Anak Terimuniasi

Imunisasi Rubella Dimulai, Kutim Targetkan 103.000 Anak Terimuniasi

(518 Views) Agustus 1, 2018 9:15 pm | Published by | 1 Comment

 

Sangatta – Pemberian imunisasi campak dan rubella di seluruh daerah di luar Jawa, dimulai secara serentak, termasuk di Kutai Timur pada awal Agustus ini. Sebanyak Seratus tiga ribu tiga ratus tiga puluh dua anak menjadi sasaran imunisasi di Kutai Timur, dengan jarak usia Sembilan bulan sampai dengan lima belas tahun.

Diawali dengan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella yang berlangsung di SMP Negeri I Sangatta Utara, Rabu, 1 Agustus, rencananya imunisasi tersebut akan dilakukan di seluruh sekolah dari tingkat Paud hingga SMP. Dilanjutkan pada bulan September di Posyandu, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan fasilitas kesehatan lainnya.

Dikesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Bahrani Hasanal mengajak seluruh masyrakat untuk mensukseskan pencanangan kampanye MS Rubella, agar seluruh anak yang sudah ditargetkan mendapat imunisasi tersebut.

Tidak berbeda, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang membuka kegiatan tersebut juga menghimbau seluruh masyrakat turut serta menjalankan program imunisasi MS Rubella.  Ini bukan hanya tugas Dinkes dan Puskesmas, kampanye juga merupakan tugas bersama untuk menyampaikan ke lingkungan sekitar kita.

Sebelumnya kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kutim, dr. Yuana Srikurniawati menjelaskan Campak merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus, dapat ditularkan melalui batuk dan bersin, dengan gejala demam tinggi, bercak kemerahan ada kulit disertai dengan batuk atau pilek, dan sangat berbahaya jika disertai diare dan minighitis bahkan bisa berakibat kematian.

Sedangkan Rubella menurut Yuana, merupakan penyakit akut yang ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan, akan tetapi yang menjadi perhatian jika rubella menyerang kehamilan di trimester awal dapat menyebabkan abortus, kematian janin sampai kecacatan pada anak yang dilahirkan.

Menutup kegiatan tersebut, sejumlah siswa sekolah SMP Negeri I Sangatta Utara langsung diberikan imunisasi yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati.

Print Friendly, PDF & Email

1 Komentar for Imunisasi Rubella Dimulai, Kutim Targetkan 103.000 Anak Terimuniasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.