Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Insan Fajar Tawarkan Listrik Green Energi Murah

Insan Fajar Tawarkan Listrik Green Energi Murah

(557 Views) Maret 17, 2016 8:12 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Upaya pemenuhan listrik masyarakat yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat Kutai Timur, kini coba ditawarkan PT Insan Fajar Mandiri Nusantara. Perusahaan kelistrikan yang menggandeng perusahaan listrik asal Francis ini menawarkan listrik dengan kapasitas 10 megawatt dengan nilai investasi sebesar Rp 30 miliar.

Menurut Syukri M Nur selaku Direktur PT Insan Fajar Mandiri Nusantara, keunggulan produk listrik yang ditawarkannya adalah menghemat pembiayaan dari menggunakan bahan bakar solar dan batubara, adalah bahan bakunya yang ramah lingkungan atau green energi dan hanya memanfaatkan hasil dari olahan sumber daya alam yang sudah ada saat ini. Seperti pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit ataupun limbah cairnya dan limbah hasil hutan. Atau bisa dikatakan semua hasil foto sintesis yang bukan untuk pangan, maka bisa dijadikan bahan baku bio energi ini. Selain modular, masa pembangunan powerplan hanya memakan waktu selama 12 bulan. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama dan jika bahan baku sudah siap maka listrik sudah bisa di produksi.

Lanjutnya, ada dua model dalam investasi ini. Yakni pertama, fcinvestasi ini bisa dilakukan tanpa modal sepeserpun dari pemerintah. Pemerintah nantinya hanya membeli saja hasil olahan jadi atau daya listriknya. Tetapi selamanya usaha ini akan dikuasai swasta. Namun bisa juga pemerintah daerah menanamkan modalnya dalam investasi ini. Dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, maka perusahaan akan menjadi milik pemerintah (Perusda). Untuk ini Pemerintah bisa menyiapkan 2-3 hektar untuk lahan pembangunan powerplan. Tetapi jika tidak, pihak investor juga siap menyediakan lahan sendiri.

(Voice : Syukri – Investasi Listrik)

Sementara itu, Bupati Kutai Timur Ismunandar mengaku cukup tertarik dengan investasi kelistrikan ini. Terlebih selain ramah lingkungan dan waktu pembangunannya relatif singkat juga Pemerintah Daerah juga tidak dibebankan biaya sepeserpun untuk menanamkan modalnya. Sangat berbeda dengan beberapa tawaran investor listrik lainnya yang datang ke Kutim.

Lanjut Ismu, jika memang powerplan ini nantinya bisa dibangun di Kutim, kama dirinya sangat yakin dalam dua tahun kedepan permasalahan listrik di Kutim seluruhnya bisa teratasi. Terlebih hal ini mampu memangkas beban pembiayaan listrik Pemkab Kutim hingga separuhnya, yang selama ini menghabiskan anggaran hingga Rp 60 miliar pertahunnya. Dengan demikian, separuh anggaran yang ada bisa dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan listrik di kecamatan lain di Kutim yang saat ini juga tengah mengalami krisis listrik.

(Voice : Bupati Ismunandar – Investasi Listrik)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments