Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Insentif Guru Naik

Insentif Guru Naik

(3071 Views) April 27, 2015 3:11 pm | Published by | 266 Comments

SANGATTA. Tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kembali akan menaikkan tunjangan atau insentif bagi seluruh guru di daerah ini. Menurut Kadisdikbud Iman Hidayat, insentif akan diberikan kepada seluruh tanpa terkecuali.
“Total Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan sekitar Rp 53 miliar untuk insentif guru,” ujar Iman belum lama ini.
Dijelaskan lebih detail olehnya, insentif tersebut diberikan untuk guru TK/TPA yang saat ini jumlahnya lebih dari 2000 orang. Jika sebelumnya hanya mendapatkan insentif sebesa Rp 175 ribu, maka tahun ini dinaikkan menjadi Rp 500 ribu. Namun bagi seorang guru TK/TPA yang ingin mendapatkan jumlah insentif dengan nominal tersebut, terlebih dahulu harus mengajar dengan batas minimal jumlah murid sebanyak 12 siswa. Iman menjelaskan biasanya disetiap rombongan belajar (rombel) atau kelas TK/TPA terdapat lebih dari 19 murid. Dengan jumlah lebih dari 18 siswa, maka akan ditugaskan dua guru untuk mengajar dengan insentif yang sama. Iman menambahkan dari anggaran tersebut, Pihak Disdikbud tahun ini juga mengalokasikan dana untuk penambahan insentif bagi guru SD hingga SMA. Baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta, PNS (pegawai negeri sipil) maupun honorer.
“Untuk guru PNS diberikan kenaikan insentif sebesar Rp 400 ribu dari jumlah awal yang diterima tahun sebelumnya. Sedangkan bagi guru TK2D (tenaga kerja kontrak daerah), honorer dan guru swasta mendapat kenaikan insentif sebesar Rp 300 ribu,” sebut Kadisdikbud.
Kenaikan insentif akan diberikan kepada seluruh guru di 18 kecamatan terbagi dalam enam zona wilayah. Insentif bagi guru dengan tempat mengajar terjauh seperti Kecamatan Sandaran, Busang yang tadinya guru PNS mendapat insentif Rp 2,5 juta menjadi Rp 2,9 juta. Sedangkan zona terdekat di Ibukota Sangatta untuk guru PNS yang sebelumnya mendapat insentif Rp 1,1 juta, maka tahun ini mendapat Rp 1,5 juta. Iman berharap penambahan nilai insentif untuk guru ini dapat memotivasi tenaga pendidik, sehingga dapat mengajar lebih baik lagi di sekolah-sekolah dan pada akhinya kualitas pendidikan didaerah ini semakin maju dan berkembang. (hms)

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

266
Leave a Reply

avatar
0 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of