Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Isran Minta DPRD Buat Perda Wajibkan Perkebunan Bangun Industri Hilir

Isran Minta DPRD Buat Perda Wajibkan Perkebunan Bangun Industri Hilir

(646 Views) Maret 3, 2015 9:33 pm | Published by | No comment

Sangatta. Berkembang pesatnya perkebunan kelapa sawit di Kutai Timur ternyata belum begitu memberikan income yang berarti bagi masyarakat Kutai Timur. Hal ini disampaikan Bupati Kutim Isran Noor saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Muara Bengalon, kemarin.

Menurut Isran, walaupun pertumbungan perkebunan sawit di Kutim cukup membanggakan, namun ternyata belum terlalu memberikan kontribusi pemasukan kepada daerah Kutim. Ini dikarenakan belum adanya industri hilir yang terbangun di Kutai Timur, merupakan industri yang mengelola hasil olahan Crude Palm Oil (CPO) menjadi bahan jadi seperti minyak, sabun dan lainnya.

Karena itu, Isran meminta kepada DPRD Kutim untuk membuat Perda Inisiatif yang mewajibkan perusahaan sawit di Kutim untuk membangun industri hilirnya di Kutim. Hal ini karena industri hilir inilah yang malah memberi manfaat lebih besar kepada masyarakat. Bahkan Isran mengancam akan menutup kebun sawit jika ada pengusaha yang tidak mau membangun pabrik olahan industri hilir tersebut.

(voice)

Lebih jauh Isran mengatakan, Kutim selama ini sudah menghasilkan 2,3 juta ton  CPO, namun  Kutim tidak mendapat apa-apa. Sebab pajak ekpor yang bernilai sekitar Rp200 triliun, semuanya masuk pusat. Sedangkan untuk membangun Industri hilir tersebut bisa memafaatkan kawasan industri dan pelabuhan Maloy.

 

Dalam kunkernya di Muara Bengalon tersebut, Isran yang yang didampingi Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman, Sekertaris Kabupaten Ismunandar, Kapolres AKBP Edgar Diponegoro, Dandim 0909 Letkol Ibnu Hudaya serta ratusan pejabat Kutim, selain menyerahkan bantuan lebih dari Rp10 milar kepada Kecamatan Bengalon, Isran juga berkesempatan meresmikan beberapa proyek Pemkab Kutim dan bantuan CSR Perusahaan, diantaranya Pusat Kesehatan Desa, Sekolah Dasar Filial, Pos Polisi Air Udara (Polairud), Pelabuhan dan Jembatan serta Rumah Layak Huni (RLH).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments