Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jajaran Polres Kutim Kedepankan Upaya Pencegahan dan Penindakan dalam Penanganan Kasus Narkoba dan Kenakalan Remaja di Kutai Timur

Jajaran Polres Kutim Kedepankan Upaya Pencegahan dan Penindakan dalam Penanganan Kasus Narkoba dan Kenakalan Remaja di Kutai Timur

(536 Views) April 28, 2015 9:14 am | Published by | No comment

Sangatta. Kapolres Kutai Timur AKBP Anang Triwiandoko menganggap perlunya penanganan ekstra terhadap maraknya kasus kenakalan remaja dan peredaran narkoba di lingkungan pelajar di Kutai Timur. Hal ini diungkapkan anang, mencermati perkembangan kasus kriminal yang melibatkan anak dibawah umur akhir-akhir ini, seperti diantaranya maraknya peredaran pil koplo dan ngelem diantara pelajar sekolah menengah pertama (SMP) dan pencurian sparepart motor yang juga dilakukan oleh beberapa pelajar SMP.

Kepada wartawan Anang menuturkan, untuk penanganan kasus narkoba dan kenakalan anak, jajaran Polres Kutim akan lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif sebagai wujud dalam upaya pencegahan yang terkandung dalam upaya pemberantasan, pencegahan dan penanggulangan peredaran gelap narkoba (P4GN). Upaya ini menjadi prioritas seluruh jajaran Polres Kutim, baik itu Binmas, Sabhara hingga Satuan Narkoba sendiri.

Selain akan lebih rutin menggelar razia terhadap pelajar bekerjasama dengan Satpol PP, Polres Kutim juga akan lebih meningkatkan upaya pencegahan dan pembinaan yang selama ini sudah rutin dilakukan ke sekolah-sekolah. Terlebih saat ini sudah ada dua sekolah di Sangatta yakni SMA 2 Sangatta Utara dan SMK Maja’i Sangatta, yang menjadi pilot projek sebagai sekolah bebas narkoba. Sehingga upaya pencegahan dan penindakan akan lebih mendapat penekanan, bahkan upaya penindakan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan jajaran Polda Kaltim. Namun upaya ini tentunya akan sia-sia jika tidak ada dukungan penuh dari pihak keluarga, yang menjadi bagian terdekat dan terpenting bagi anak.

(voice)

Lebih jauh Kapolres Anang mengatakan selain upaya pencegahan dan penindakan, upaya rehabilitasi juga merupakan langkan progresif yang harus dilakukan, karena bagi pecandu, upaya pemulihan dari ketergantungan dinilai lebih penting dari pada upaya hukum. Namun jika kedapatan barang buktinya, penyidik tetap melanjutkan proses perkara namun tetap dilakukan upaya rehabilitasi tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of