Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jalan Rusak, Langgar Aturan

Jalan Rusak, Langgar Aturan

(587 Views) Januari 28, 2015 12:42 pm | Published by | No comment

IMG_20150128_094116Dengan alasan jalan rusak, sebagian masyarakat pengguna jalan di Sangatta Selatan melanggar rambu jalan dilarang masuk yang diperuntukkan sebagai jalan satu arah menuju dan dari Pos Polisi Sangatta Selatan dan Kantor Desa Sangatta Selatan.

Dari pantauan RPD Kutim dilapangan,  jalur sebelah kiri dari Pospol sangatta selatan ke Kantor Desa Sangatta Selatan kondisinya memang tidak bersahabat, berbeda dengan jalur sebelah kiri dari arah sebaliknya. Hal inilah yang dijadikan alasan sebagian masyarakat yang tidak patuh pada aturan lalu lintas untuk memilih melewati jalan yang mulus meskipun hal tersebut sangat membahayakan jiwa dan keselamatan diri dan orang lain. Anggota masyarakat yang melanggar juga dari berbagai kalangan termasuk tokoh masyarakat.

IMG_20150128_093349Menurut Abdul Latif, anggota Pospol Sangatta Selatan yang sedang piket, mengatakan sudah sering melakukan pengawasan dan penindakan kepada masyarakat yang melanggar, seperti membuat surat pernyataan untuk tidak melanggar lagi.  Namun masih ada saja yang melakukan pelanggaaran seperti itu.

Untuk kelakukan pengawasan terus menerus, pihaknya juga tidak bisa  karena keterbatasan anggota polisi di Pospol yang hanya tiga petugas dan tidak adanya anggota Polantas. Polantas hanya di Polsek Sangatta Utara, dan bila ke Sangatta Selatan sifatnya hanya melakukan patroli.

Abdul Latif pernah memperingatkan kepada masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Namun warga justru menyalahkan pemerintah dan meminta agar jalan yag rusak itu segera diperbaiki. Alasanya, jika melintasi jalan yag rusak itu, justru bisa berbahaya dan terjadi kecelakaan. Sebab, ada yang bepengalaman, barang belanjaan yang dibawa dari pasar jatuh berhamburan. Sehingga warga terpasak melintasi jalan yang mulus, meski melanggar rambu lalu lintas.

Sebagai aparat kepolisia, Abdul Latif ingin tetap menegakkan aturan yang berlaku. Namun juga tetap melihat berbagai hal dan kearifan lokal. Sebab, kondisi infrastruktur di Sangatta Selatan yang belum memadai, tidak bisa disamakan dengan daeeah lain yang sudah baik infrastrukturnya, seperti di Sangatta Utara.

IMG_20150128_100258

Dihubungi terpisah, Haji Efendi, Sekdes Sangatta Selatan, membenarkan buruknya kondisi jalan tersebut, yang tidak terlepas dari status Kecamatan Sangatta Selatan yang masih “abu-abu” sehingga sudah 4 tahun tidak mendapatkan dana daerah untuk pembangunan infrastruktur, termasuk perbaikan jalan, bahkan dibeberapa tempat misalnya dari Pasar ke Jembatan Kampung Kajang kondisi jalannya lebih hancur lagi.

Sangatta Selatan diklaim masuk ke dalam kawasan TNK (Taman Nasional Kutai) sehingga ada anggapan masyarakat yang merasa Sangatta Selatan bagaikan “anak tiri”. Hal ini juga dibenarkan oleh Haji Efendi, walaupun sudah ada wacana inclave tapi nyatanya belum ada kejelasan sampai saat ini, tapi menurutnya, alasan apapun tidak dibenarkan untuk melanggar aturan berlalu lintas.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Jalan Rusak, Langgar Aturan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.