Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jelang Lebaran, Disperindag Kutim Razia Makanan dan Minuman Tak layak Konsumsi

Jelang Lebaran, Disperindag Kutim Razia Makanan dan Minuman Tak layak Konsumsi

(523 Views) Juli 7, 2015 8:11 am | Published by | No comment

Sangatta. Untuk mengantisipasi adanya peredaran makanan kadar luarsa atau tidak layak konsumsi khususnya makanan kemasan yang biasanya kerap digunakan sebagai parcel atau bingkisan lebaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Kutai Timur sejak hari ini, hingga dua hari kedepan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) yang menyasar seluruh pusat perbelanjaan modern dan tradisional yang ada di Kota Sangatta.

Menurut Kadisperindag Kutai  Timur Irawansyah didampingi Kabid Perlindungan dan Pengendalian Konsumen, Sulastini, sidak khusus pangan ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang kadar luarsa dan tidak layak konsumsi lagi. Terlebih pengawasan dan pemeriksaan dilakukan pada paket-paket parcel yang sudah terbungkus rapi, yang sudah siap antar sebagai paket lebaran.

Sidak Disperidag 1Lanjut Sulastini, dalam melaksanakan Sidak, 2 tim gabungan yang terdiri dari Disperindag Kutim, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, PKK, TNI dan Polri serta Satpol PP, menyasar seluruh pusat perbelanjaan modern baik waralaba maupun perorangan hingga toko-toko kecil dan tradisional yang ada di Kota Sangatta. Dari hasil belum ada ditemukan makanan kadar luarsa, namun ada ditemukan makanan kalengan yang tidak mencantumkan masa kadar luarsanya. Karena diakui barang tersebut baru tiba 3 hari lalu, maka pemilik toko ini kemudian dihimbau dan dilakukan pembinaan. Akan tetapi, jika saja ditemukan ada makanan yang terbukti melewati masa kadar luarsanya, maka akan dilakukan tindakan tegas dengan melakukan pemusnahan ditempat.

(voice)

Lebih jauh Sulastini mengatakan, dengan dilakukannya sidak ini setidaknya memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen untuk membeli dan menikmati makanan, tanpa harus was-was. Selain itu, memang sudah ada edaran dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Samarinda, agar Disperindag dimasing-masing daerah melakukan razia makanan dan minuman jelang lebaran.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments