Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jelang Ramadhan, Harga Sembako dan Sayuran di Pedalaman Kutim Masih Relatif Aman

Jelang Ramadhan, Harga Sembako dan Sayuran di Pedalaman Kutim Masih Relatif Aman

(373 Views) Juni 16, 2015 12:28 pm | Published by | No comment

Sangatta. Mendekati bulan suci ramadhan, harga-harga Sembilan bahan pokok (Sembako) dan sayur-mayur di wilayah Kutai Timur masih relatif stabil. Dari pengamatan IDC Fm di beberapa pasar khususnya yang ada di wilayah kecamatan pelosok Kutim, harga-harga terbilang masih aman tanpa peningkatann yang berarti.

Seperti saat menyambangi pasar tradisional di Kecamatan Muara Wahau, Kutim, walaupun beberapa item kebutuhan dasar mengalami peningkatan harga jelang ramadhan, namun sebagian besar harga kebutuhan masyarakat masih stabil. Seperti pengakuan Desi (45) dan Parjo (55) pedagang kios sembako dan sayuran di Pasar Muara Wahau, tiga hari jelang pelaksanaan puasa ramadhan, belum ada peningkatan harga sembako dan sayuran yang terlalu mencolok. Hanya beberapa item seperti bawang merah mengalami peningkatan harga jual dalam seminggu terakhir menjadi Rp45000 perkilo. Biasanya hanya dijual antara Rp35000 hingga Rp40000 perkilo, atau mengalami peningkatan Rp5000 hingga Rp10000 perkilonya.

Selain bawang merah yang mengalami peningkatan, telur ayam ras dalam tiga hari terakhir sudah mengalami peningkatan harga. Telur kini dijual Rp46000 per piring atau 30 butir, yang biasanya dijual dengan harga Rp40000 hingga Rp43000 per piringnya. Sementara itu, harga cabe tiung dan cabe merah kriting relatif aman dikisaran harga jual Rp50000 hingga Rp55000 perkilo. Begitupun dengan harga sayur-mayur lainnya seperti wortel, tomat dan kentang.

(voice)

Menurut mereka, tidak meningkatnya harga secara melonjak ini dikarenakan sebagian besar kebutuhan sayur-mayur masih merupakan produk lokal dari petani yang ada di Kecamatan Muara Wahau. Sedangkan beberapa item memang dipasok dari Sangatta dan Samarinda.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of