Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jelang Sertijab, Nama Dandim Sangatta Dicatut

Jelang Sertijab, Nama Dandim Sangatta Dicatut

(576 Views) Maret 3, 2016 4:57 am | Published by | No comment

Sangatta. Jelang pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Kodim 0909 Sangatta, kasus penipuan dengan menggunakan nama Dandim 0909 Sangatta melalui telepon marak beredar. Dandim “Gadungan” ini meminta sejumlah uang, bantuan dana tiket hingga uang sangu ke sejumlah pejabat di Kabupaten Kutai Timur.

Mulai dari pejabat di lingkungan Pemkab Kutai Timur, anggota DPRD Kutai Timur, hingga beberapa perusahaan yang beroperasi di Kutai Timur, tak luput dari aksi penipuan Dandim gadungan ini.

Menurut Dandim 0909 Sangatta Letkol (Inf) Ibnu Hudaya, hal ini terkuak saat salah seorang korban melakukan kroscek ke dirinya dan calon Dandim 0909 Sangatta yang baru, Letkol (Inf) Setyo Wibowo. Keduanya mengaku tidak pernah meminta sejumlah uang, pada pihak lain.

Dikatakan, dari pengakuan sejumlah korban diketahui jika modus penipuan yang dilakukan adalah si penipu ini menelepon ke korban, mengaku sebagai Dandim Sangatta yang baru. Mengajak berkenalan dan mau ke Sangatta tetapi tiket untuk istrinya belum ada. Sehingga minta dibantu. Padahal pihaknya tidak pernah menelepon dengan maksud seperti itu.

Lanjut Ibnu, Tak mau jumlah korban makin bertambah, dirinya dan juga Setyo langsung melaporkan masalah tersebut ke Polres Kutim. Untuk melacak keberadaan si penelepon. Sementara informasi dari hasil track ponsel pelaku, diketahui si penelepon berada di wilayah Sulawesi.

Hal ini, menurut Ibnu, perlu diwaspadai. Karena merugikan banyak pihak. Jelang sertijab pejabat, hampir selalu diwarnai aksi penipuan dengan modus seperti itu. Bahkan hal seperti ini memang kerap terjadi jelang sertijab, tapi biasanya hanya di internal. Terkadang anggota saja yang mendapat telepon. Tapi kini tidak disangka bisa sampai ke instansi luar.

(Voice : Dandim Ibnu – Awas Penipuan)

Terpisah, Kapolres Kutai Timur AKBP Anang Triwidiandoko didampingi Kasatreskrim AKP Andika Dharma Sena mengaku belum mengetahui tentang masalah tersebut.

Andika mengatakan, pihaknya akan segera melakukan kroscek terkait kejadian ini dan jika memang ada aduan tentu akan segera ditindaklanjuti.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments