Menu Click to open Menus
Home » News » Jumlah DPT Kutim Bertambah 12.240 Dari Pilgub

Jumlah DPT Kutim Bertambah 12.240 Dari Pilgub

(212 Views) Agustus 21, 2018 5:51 pm | Published by | No comment

 

Ketua KPU Menyerahkan Berita Acara Rapat Pleno Kepada Perwakilan PKB (Photo:KhusnulKhotimah)

Sangatta – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pemilihan Legislative (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres), meningkat dua belas ribu dua ratus empat puluh Pemilh dari Pemilihan Gubuernur (Pilgub) lalu.

Penetapan DPT tersebut berlangsung pada Rapat Pleno Tebuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSH) Akhir, dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Kutai Timur, yang berlangsung di Hotel Mesfa Mulya, Selasa, 21 Agustus.

Pada Rapat Pleno tersebut, satu persatu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membacakan jumlah Desa, TPS, DPSH Laki-laki dan Perempuan serta jumlah DPT, yang disaksikan oleh Pengawas Pemilu (Panwaslu), perwakilan Partai. Meski ada beberapa yang harus mengalami perbaikan daftar, namun keseluruhan PPK dapat menyelesaikan laporan tersebut dengan cepat.

Dalam penetapan DPT, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur, Fahmi Idris menyampaikan, jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak dua ratus dua puluh enam ribu lima ratus delapan puluh delapan Pemilih, jumlah tersebut naik sekitar dua belas ribu dua ratus empat puluh Pemilih dibandingkan jumlah DPT pada Pilgub lalu, sebanyak dua ratus empat belas ribu tiga ratus empat puluh delapan Pemilih.

Menurut Fahmi, kenaikan jumlah DPT tersebut dipengaruhi beberapa factor, diantaranya masyarakat yang baru saja menginjak usia tujuh belas tahun dan baru mendapatkan KTP-Elektronik serta ada juga pindahan dari luar kota.

Sedangkan untuk jumlah DPT yang sudah ditetapkan, menurut Fahmi sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur, namun jika masyarakat masih ada yang belum terdaftar, maka dapat mendatangi KPPS, PPK maupun KPU untuk mendaftarkan diri.

Menutup kegiatan tersebut, Fahmi menyerahkan satu persatu Berita Acara Rapat Pleno tersebut kepada para perwakilan Partai peserta pemilu, Polres Kutim, Lanal Sangatta dan Kodim 0909 Sangatta.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Jumlah DPT Kutim Bertambah 12.240 Dari Pilgub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.