Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Jumlah TPS Meningkat, Polres Kutim Turunkan 450 Personeil Tuk Kawal Pemilu

Jumlah TPS Meningkat, Polres Kutim Turunkan 450 Personeil Tuk Kawal Pemilu

(68 Views) Desember 18, 2018 5:21 pm | Published by | No comment

 Sangatta – Mengalami peningkatan jumlah Tempat Pemungutan Sementara (TPS), sekitar seratus lima puluh lebih TPS dari Pemilihan Gubernur lalu, mengakibatkan penambahan pengamanan harus dilakukan, untuk pengamanan Pemilu tahun 2019 mendatang, Polres Kutim menurunkan empat ratus lima puluh personiel untuk mengawal di TPS hingga kotak suara diserahkan kembali ke KPU.

Ditemui usai Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Ruang Arau Kantor Bupati Kutai Timur, Selasa 18 Desember, Kapolres Kutim, AKBP. Teddy Ristiawan menjelaskan, pengamanan pelaksanaan pilpres dan pileg tahun depan, Polres Kutim meminta backup dari Polda Kaltim, sebanyak dua ratus dua puluh lima orang, ditambah dengan kekuatan full yang diturunkan dari Polres Kutim, sebanyak dua ratus dua puluh lima orang, sehingga jumlah keseluruhannya empat ratus lima puluh personeil untuk pengaman TPS. Karena jumlahnya meningkat, maka personiel akan disebar, namun tentunya untuk pengamanan objek-objek vital terus berjalan, karena tidak boleh juga ditinggalkan.

Sementara untuk operasional kendaraan, Teddy mengakui memang ada kendala, karena kurangnya kendaraan yang digunakan untuk mobilisasi personil, ke tempat-tempat yang jauh, dengan geografi yang susah. Seperti kecamatan Sandaran, dibutuhkan kendaraan double cabin untuk sampai disana, sementara kendaraan yang ada terbatas, sehingga pada Pilgub lalu, pihaknya harus meminjam kendaraan kepada pihak ketiga terlebih dahulu.

Senada dengan Kapolres, Komisioner KPU Kutai Timur, Ulfa Jamiatul Farida juga mengatakan yang sama, bahwa ada peningkatan jumlah TPS, meski jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengalami penurunan dari rekapitulasi pada November lalu. Hal tersebut terkait aturan, bahwa jumlah DPT yang terdaftar di TPS tidak boleh lebih dari tiga ratus orang.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Jumlah TPS Meningkat, Polres Kutim Turunkan 450 Personeil Tuk Kawal Pemilu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.