Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kaban LH Kutim : Banyak Perusahaan Sawit Langgar Aturan Tata Ruang

Kaban LH Kutim : Banyak Perusahaan Sawit Langgar Aturan Tata Ruang

(689 Views) September 28, 2016 4:05 pm | Published by | 1 Comment

rizal-rafiddin-blh

Sangatta. Pesatnya perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ternyata ditengarai masih banyak yang melanggar aturan tata ruang dalam kegiatan perkebunannya. Hal ini disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutai Timur, Encek Ahmad Rafiddin Rizal.

Dikatakan, dari sekian banyak perusahaan perkebunan yang beroperasi di Kutim, tenyata masih banyak yang melanggar aturan tata ruang wilayah, terutama di kebun. Dalam kenyataan di lapangan, tenyata pihak perusahaan perkebunan sawit tidak terlalu memperhatikan aturan tanam terutama di area sepadan sungai. Sehingga tanaman sawit banyak yang ditanam hingga ke pinggir sungai. Hal ini sudah pernah disampaikannya pada kegiatan forum Agri Bisnis, belum lama ini.

Padahal jika mengacu pada Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 32 tahun 1990, pada area sepadan sungai tidak boleh ada aktivitas, baik pemukiman, perkebunan, industri dan lainnya. Bagi sungai kecil, batas sepadan sungai adalah 50 meter. Sementara bagi sungai besar, batas sepadannya adalah 100 meter.

Lanjut Rizal, permasalahan pelanggaran aturan tata ruang wilayah ini sebenarnya merupakan ranah Dinas Tata Ruang  (DTR) Kutim untuk melakukan koreksi dan teguran kepada pihak perusahaan. Dan jika perlu, sebelum pihak perusahaan mengajukan izin usaha perkebunan, harusnya ada sosialisasi terkait aturan tata ruang tersebut. Dengan adanya pelanggaran tata ruang wilayah tentu nantinya akan berdampak pada kelangsungan ekosistem lingkungan, terutama ekosistem sungai. Jika ada keluhan masyarakat terkait permasalahan pencemaran ekosistem sungai yang ada di sekitar area perkebunan tersebut, barulah BLH Kutim turun tangan.

 (Voice : BLH Rizal – Banyak Perusahaan Sawit Langgar Tata Ruang)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments