Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kadar Zakat Fitrah Tertinggi di Kutim Turun Rp. 3 Ribu Dari Tahun Lalu

Kadar Zakat Fitrah Tertinggi di Kutim Turun Rp. 3 Ribu Dari Tahun Lalu

(3461 Views) Mei 31, 2017 3:08 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kadar zakat Kabupaten Kutai Timur telah ditetapkan di Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, Rabu, 31 Mei. Jika tahun lalu kadar zakat tertinggi sebesar tiga puluh delapan ribu rupiah, pada tahun ini, 1438 H turun menjadi sebesar tiga puluh lima ribu rupiah. Penetapan kadar zakat tersebut berdasarkan harga makanan pokok atau beras di Kutai Timur.
Ditemui usai memimpin rapat tersebut, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, Ambotang mengatakan, hari ini Kementerian Agama Kutai Timur bersama dengan Tokoh Agama dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, berhasil menetapkan kadar zakat fitrah, yang dibagi menjadi tiga kategori, sesuai dengan variasi harga beras di Kutai Timur. Untuk kadar zakat tertinggi sebesar tiga puluh lima ribu rupiah, kategori sedang sebesar tiga puluh ribu rupiah dan katagori rendah sebesar dua puluh lima ribu rupiah.
Perhitungan besaran kadar zakat tersebut disesuaikan dengan harga beras yang setara dengan berat dua setengah Kilogram. Untuk harga beras tertinggi yakni sebesar tiga belas ribu tiga ratus rupiah, harga beras sedang, sebesar dua belas ribu rupiah dan harga beras terendah sebesar sembilan ribu empat ratus Rupiah.
Selain kadar zakat, besaran fidiyah untuk orang yang berhalangan melaksanakan puasa juga ditetapkan pada rapat tersebut, untuk besaran fidiyah ditetapkan sebesar enam ons beras atau sebesar lima belas ribu rupiah perharinya.
Rapat penentuan kadar yang yang dilaksanakan di hari kelima bulan ramadhan tersebut dihadiri MUI Kutai Timur, Baznas Kutai Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan para tokoh agama lainnya.

Voice : Ambotang, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments