Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kadis Kependudukan Kutim Anggap Tak Realistis Penambahan Jumlah TPS Pilbup Kutim Menjadi 750 TPS

Kadis Kependudukan Kutim Anggap Tak Realistis Penambahan Jumlah TPS Pilbup Kutim Menjadi 750 TPS

(504 Views) April 23, 2015 8:47 am | Published by | No comment

Sangatta. Asumsi penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) antara 30 hingga 50 TPS atau diperkirakan akan menjadi 750 TPS yang tersebar di Kutai Timur pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Kutim Desember  nanti, menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam, sangatlah tidak realistis. Bahkan menurutnya dengan jumlah penduduk Kutim yang tercatat sebanyak 412.698 jiwa, jumlah TPS kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan saat dilakukannya Pilpres lalu, atau bahkan menyusut karena asumsi satu TPS untuk 800 jumlah pemilih.

Dijelaskannya, dari  angka 412.698 jiwa penduduk Kutim ini, tentunya tidak seluruhnya adalah pemilih potensial karena harus dikurangi jumlah penduduk yang meninggal dunia serta penduduk yang berumur dibawah 17 tahun yang tidak ikut memilih. Sehingga angka potensi pemilih atau angka daftar pemilih tetap (DPT) untuk Kutim otomatis akan menyusut.

Lanjutnya,  data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) baru akan diserahkan oleh Kementrian Dalam Negeri kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat pada bulan Juni, dan barulah diserahkan kepada masing-masing daerah. Sedangkan yang baru diserahkan oleh pihak kementrian kepada KPU Pusat adalah daftar agregat kependudukan kecamatan (DAK2) pada 17  April lalu.

Namun pada prisipnya Januar berharap Pilbup Kutim pada Desember mendatang dapat berjalan lancar, aman dan sesuai jadwal tahapan yang telah ditetapkan. Selain itu, dirinya pun berharap tidak akan ada eksodus penduduk apalagi penduduk gelap yang masuk ke Kutai Timur.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments