Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kakanwil Kemenkumham Kaltim Tegaska, Minimal Harus Punya Rutan

Kakanwil Kemenkumham Kaltim Tegaska, Minimal Harus Punya Rutan

(600 Views) April 5, 2016 10:48 am | Published by | 1 Comment

Sangatta – Staf Ahli khusus Bupati Kutim, Waluyo Heriansyah mengatakan sebagai gambaran kondisi tanahanan pada saat dirinya masih berada di Kejaksaan Negeri Sangatta 7 tahun lalu, masalah yang terus dihadapi adalah masalah penanganan perkara, terutama tahanan yang ada di Kutai Timur yang akan mengikuti sidang, jika kalau dulu tahanan harus boyong ke Tenggarong satu minggu sekali, untuk mengikuti sidang.

Dengan kondisi pada waktu itu sangat beresiko karena maksimal membawa tahanan 27 orang, kalau jumlah tahana lebih dari jumlah tersebut, maka yang lainnya harus dicancel. Tetapi syukur dikatakan Waluyo sudah ada Lapas di Bontang. Terkait dengan pengalaman ini, dirinya juga meminta kepada Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM untuk mengkaji pembangunan Rutan seperti yang Bupati telah sampaikan. Karena untuk tindak lanjut perkara dari tahanan akan ditekankan di Polres Kutim, jika putusan Pengadilan pada sidang kurang dari setahun, maka ditahan dipolres. Jika keputusan lebih dari setahun baru dikirim ke Rutan di Tenggarong karena pembinaan harus dilakukan di Lapas.

Menganggapi hal tersebut di katakann Kakanwil Kemenkumham Agus Saryono, menimal dengan Rutan pun tidak masalah, karena Lapas yang tidak ada Rutannya juga berfungsi sebagai Rutan, dan Rutan ini ideal paling jauh 3 kilometer dari pengadilan dan kejaksaan karena masih terus bersidang, yang penting tempatnya bebas banjir, tidak rawan longsor, ada tiga fasilitas umum yakni air, listrik dan telepon. Luasnya pun dengan 5 Ha sudah cukup. Kalau Rutan sudah bisa diwujudkan Kanwil Kemenkumham pihaknya senang sekali. Jika sudah ada Rutan maka Kanwil Kemenkumham yang akan pengadaan bahan makanan dan lainnya sebagainya.

Voice (Kakanwil Kemenkumham_Minimal Punya Rutan)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments