Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kapolres Ajak Masyarakat Kembali Galakkan Siskamling

Kapolres Ajak Masyarakat Kembali Galakkan Siskamling

(629 Views) Desember 15, 2015 11:00 am | Published by | No comment

Sangatta. Kapolres Kutai Timur AKBP Anang Triwidiandoko menghimbau dan mengajak masyarakat Kutai Timur untuk kembali menghidupkan program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Hal ini disampaikan Kapolres Anang menyikapi mulai maraknya aksi pencurian di Kota Sangatta beberapa pekan terakhir ini.

Dikatakannya, Kutai Timur sebagai daerah transit atau persinggahan dan merupakan jalan poros antar provinsi tentu sangat rawan tindak kejahatan. Belum lagi dengan banyaknya masyarakat pendatang dari luar daerah. Sementara dirinya juga menilai tingkat kewaspadaan masyarakat Kutim saat ini masih sangat rendah. Masyarakat terkadang teledor untuk menjaga keamanan barang-barang pribadi milik mereka, seperti tidak meyiapkan kunci ganda pada kendaraan bermotor dan lainnya.

Lanjutnya, demi menjaga keamanan bersama terutama di lingkungan tempat tinggal masyarakat, ada baiknya masyarakat Kutim kembali menghidupkan program Siskamling atau ronda malam. Selain mencegah aksi pencurian yang saat ini mulai sering terjadi, siskamling yang merupakan salah satu program polisi masyarakat (Polmas) juga diharapkan mampu mencegah aksi yang bisa mengarak ke tindak kriminal seperti mabuk-mabukan.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Kapolres Anang, peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan tindak kriminal khusunya di lingkungan tempat tinggal sangat diperlukan. Hal ini mengingat tidak semua upaya penindakan dan penanganan terhadap tindak kriminalitas dapat ditangani oleh polisi. Bahkan masyarakat jangan menganggap polisi sebagai manusia super yang dapat mengatasi semua masalah. Namun tentu apapun upaya pencegahan yang dilakukan masyarakat, tetap ada pembatasan dan masyarakat tidak diperkenankan main hakim sendiri.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments