Menu Click to open Menus
Home » News » Karyawan KPC Garap Mobil Listrik, Pengisian 3 Jam Mampu Tempuh 40 Km

Karyawan KPC Garap Mobil Listrik, Pengisian 3 Jam Mampu Tempuh 40 Km

(745 Views) Juni 8, 2018 1:45 pm | Published by | No comment

Mengubah mobil operasional perusahaan jenis Blazer menjadi mobil berdaya listrik (foto by khusnul khotimah)

Sangatta – Serius mendukung pelestarian lingkungan hidup melalui pengembangan pemanfaatan potensi terbarukan, PT. KPC melalui Departemen MSD, berhasil Mengubah mobil operasional perusahaan jenis Blazer yang sudah tidak digunakan menjadi mobil berdaya listrik. Mobil blazer tahun 1999 dengan nomor lambung POOL LS 500 tersebut, berhasil diubah menjadi mobil listrik dengan daya tempuh 40 kilometer setelah melakukan pengisian listrik selama tiga jam.

Pada kegiatan Ujicoba Mobil Listrik KPC Rabu, 6 Juni, yang berlangsung di external PT. KPC, Sangatta, Supertendent Public Comunication External PT. KPC, Yordan Apung menjelaskan, meski kendaraan listrik tersebut masih dalam uji coba, namun sudah dapat digunakan dengan jarak tempuh empat puluh kilometer, dengan kecepatan seratus kilometer perjam, artinya sudah dapat dimanfaatkan. Hal tersebut merupakan upaya PT. KPC untuk menemukan teknolagi terbarukan. Inovasi tersebut akan terus dikembangkan.

Sementara menurut Manager Tim Kreasi Mobil Listrik, Wiwin Sujati, dengan adanya mobil listrik dapat dapat mengurangi polusi udara dan mengurangi pemakaian bahan bakar, bahkan lebih hemat, jika dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar bensin maka biayanya operasional sebesar lima ratus enam puluh lima ribu rupiah perkilometernya, sedangkan jika menggunakan listrik maka biaya operasional yang dikeluarkan sesuai dengan tariff PLN yakni dua ratus enam puluh tujuh ribu rupiah. Biaya operasiaonal yang dimaksud sudah termasuk dengan perwatannya, jika menggunakan bensin maka perwatan akan lebih banyak dari menggunakan listrik.

Memakan biaya tiga ratus juta rupiah dalam proses pengubahannya, Wiwit mengerjakan mobil listrik tersebut dikerjakan bersama dengan tiga rekannya yakni, Sahirul Alim, EKo Prasetyo dan Oldwan Ferdalis, yang memakan waktu kurang dari satu tahun, karena pengerjaannya hanya dilakukan di waktu luang mereka, ketika libur kerja, seperti sabtu dan minggu.

Voice Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Karyawan KPC Garap Mobil Listrik, Pengisian 3 Jam Mampu Tempuh 40 Km

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.