Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KASN Rekomendasi Penetapan Irawansyah Sudah Sesuai Aturan

KASN Rekomendasi Penetapan Irawansyah Sudah Sesuai Aturan

(490 Views) Agustus 19, 2016 9:06 am | Published by | No comment

Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Irham Dilmy yang hadir dan mengikuti dalam pengukuhan Plt Sekda Kutim Irawansyah, Jum’at (19/8), memberikan komentar terkait prosesi penetapan Irawansyah sebagai Sekda Kutim. Ditemui di ruang kerja Bupati Kutim, Irham yang didampingi Bupati Kutim Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang, mengatakan bahwa KASN sudah memberikan rekomendasi pada tanggal 24 Juli 2016 lalu terhadap hasil seleksi Sekda Kutim yang dilakukan Pansel. Hasil seleksi yang telah dilakukan Pansel Sekda Kutim dinilai sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan KASN.

Lanjutnya, dalam penetapan posisi Pejabat Tinggi Pratama Sekda, sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah diatur dengan jelas bahwa pada Pasal 115 UU ASN, untuk jabatan JPT Sekda kabupaten/kota Bupati harus berkonsultasi Gubernur. Namun jika terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat maka harus merujuk pada Pasal 4, bahwa pejabat pembina kepegawaian adalah pihak yang berwenang melakukan pengangkatan, pemindahan dan penghentian PNS yang ada di Instasi tersebut atau dalam hal ini Bupati. Hal tersebut tentu berbeda dengan Undang-undang (UU) Pokok Kepegawaian nomor 43 1999 yang berlaku sebelum keluarnya UU ASN Nomor 5 tahun 2014.

(Voice : KASN Irham – Beri Rekomendasi)

Terkait, pengukuhan posisi Sekda ini, Irham mengatakan bahwa tidak ada sangkut pautnya dengan KASN. Hal ini sepenuhnya merupakan kebijakan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang menginstruksikan untuk menunggu penyelesaian pengesahan Perda Organisasi Perangkat Daerah yang merupakan turunan dari PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang (OPD). Sementara terkait adanya ancaman Gubernur Kaltim akan menjatuhkan sanksi kepada Bupati Kutim jika tetap ngotot melantik Irawansyah sebagai Sekda Kutim, Irham mengaku tidak mengetahuinya dan meminta untuk langsung menanyakannya kepada Gubernur Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments