Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kebijakan Pemerintah Juga Dapat Menjadi Potensi Konflik Sosial

Kebijakan Pemerintah Juga Dapat Menjadi Potensi Konflik Sosial

(1133 Views) Oktober 26, 2016 4:47 pm | Published by | 2 Comments

wp_20161026_007

Sangatta– Tidak hanya permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat yang dapat menjadi konflik yang berujung pada konflik sosial, kebijakan pemerintah juga dapat menjadi potensi konflik sosial. Beberapa kebijakan ataupun keputusan-keputusan yang diambil pimpinan daerah tidak semua mendapat respon positif masyarakat ataupun dapat diterima keseluruhan masyarakat, ada saja yang menyebabkan masyarakat pro dan kontra, hal tersebutlah yang dapat mengakibatkan timbulnya konflik.

Menurut Kapolres Kutai Timur, AKBP Rino Eko mengatakan, berbagai kebijakan dan dampak pembangunan bisa saja menjadi potensi konflik. Misalnya seperti kebijakan pemerintah mengenai pembangunan pabrik semen yang ditolak sebagian masyarakat. inilah yang disebut potensi konflik, hal tersebut yang harus dikelola dengna  baik sehingga tidak berkembang menjadi konflik sosial.

Deteksi dini terahdap konflik harus menjadi kesiapsiagaan seluruh aparat, baik TNI/Polri maupun instansi pemerintah. Dengan deteksi dini, konflik yang terjadi dimasyarakat tidak menjadi konflik yang besar yang dapat menimbulkan perpecahan.

( Voice : Reporter RpdKutim/Khusnul Khotimah )

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments