Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kecamatan Kombeng Telah Mampu Memenuhi Kebutuhan Beras Di Tiga Kecamatan Sekitarnya.

Kecamatan Kombeng Telah Mampu Memenuhi Kebutuhan Beras Di Tiga Kecamatan Sekitarnya.

(23 Views) Agustus 11, 2020 3:38 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Warga Desa Miau Baru kecamatan Kongbeng hari ini melakukan panen raya padi sawah dengan luas lahan areal sekitar 315 hektar. dan menghasilkan produksi bisa mencapai 4-6 ton per hektar dengan masa tanam dua kali setahun yang menjadikan Kecamatan Kongbeng swasembada beras sejak tahun 2014 hingga kini.

Selain 315 hektar yang dipanen hari ini, ternyata masih ada 700 hektar lainnya yang berada di beberapa desa lainnya di Kecamatan Kongbeng. Sehingga, tidak salah jika Kongbeng masuk dalam kategori daerah dengan persawahan terbesar yang juga telah mengantarkan Kecamatan Kongbeng menjadi swasembada beras.

Sehingga, apabila dari luasan lahan 700 hektar yang ada itu dimaksimalkan, maka hasil panennya akan mampu memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat di tiga kecamatan di sekitar Kecamatan Kongbeng , yakni, Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Telen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kutai Timur (Kutim) Sugyono pada saat panen raya padi sawah, yang dipimpin oleh Plt. Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Selasa (11/8/20) di Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng.

Sekedar diketahui, sejak 2013 yang lalu, Pemprov Kaltim melalui Dinkes Provinsi Kaltim menjadikan Kecamatan Kongbeng masuk dalam  33 kecamatan yang dikonsentrasikan untuk pengembangan tanaman pangan terutama padi, dalam rangka mendukung program Pemprov Kaltim dalam upaya peningkatan produktivitas padi menuju swasembada beras 2014 dan pencanangan 10 juta ton beras  oleh Pemerintah Pusat.

Penghargaan tersebut atas keberhasilan panen padi dengan hasil ubinan 7,2 ton Gabah Kering Giling (GKG) untuk varietas nasional Cibogo dan 4,3 ton  GKG untuk varietas lokal popot atau mulung. Hasil  ini merupakan pencapaian luar biasa karena padi yang ditanam tanpa perlakuan pemupukan maksimal.  Untuk itu, dinas Pertanian berupaya serius meningkatkan pelaksanaan program-program yang ada. Dengan  dukungan pihak kabupaten/kota  yang memiliki wilayah agar selalu  berkoordinasi dengan pihak provinsi  agar setiap program yang dilaksanakan tepat sasaran (Sumber, Humas Pemprov kaltim).

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of