Menu Click to open Menus
Home » Hukum » Kejari Sangatta Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Januari Hingga Oktober Tahun Ini

Kejari Sangatta Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Januari Hingga Oktober Tahun Ini

(150 Views) November 27, 2018 5:17 pm | Published by | No comment

Sangatta- Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta kembali memusnahkan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah). Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari kasus periode Januari hingga Oktober 2018, dengan delapan puluh empat perkara, yang didominasi oleh narkotika.

Berlangsung di halaman kantor Kejari Sangatta, Bukit Pelangi, Selasa, 27 November, pemusnahan barang bukti tersebut meliputi narkotika jenis shabu sebanyak dua ratus delapan puluh koma delapan puluh empat gram, obat keras “LL” sebanyak seribu Sembilan ratus empat puluh butir, dan obat keras “Zenith Pharmaceuticals” sebanyak tiga ratus butir, senjata tajam, senapan angin, tas ransel, kapak, dan lain-lain yang melanggar KUHP dan Undan-undang No. 12 tahun 1951.
Kepala Kejaksaan Tinggi Sangatta, Mulyadi mengatakan , pemusnahan merupakan tindak lanjutan dari kasus yang ada, dan masih di dominasi oleh kasus narkotika, di Kutai Timur sendiri, penyalahgunaan narkotika terbilang masih tertinggi.
Ia memastikan, seluruh barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan tetap harus di musnahkan, kegiatan eksekusi pemusnahan merupakan kegiatan rutin, yang wajib dilakukan oleh Kejaksaan Negeri sebagai leading sectornya. Selain itu juga merupakan momentum, yang juga menegaskan pada seluruh pegawainya, agar tetap konsisten dalam bekerja. Dimana jika menyalahgunakan barang haram, akan dikenakan sanksi serius. Ia memberi kepastian hukum bagi stafnya, supaya tidak disalahgunakan. Karena barang-barang tersebut sifatnya menggoda. Terlebih pemegang kunci ruang barang bukti
Ikut dalam kegiatan pemusnahan tersebut, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang yang juga sekaligus Ketua BNK Kutim merasa miris melihat masih banyaknya peredaran narkoba di daerahnya. Menurutnya seluruh stakeholeder harus terus melakukan upaya untuk menekan, maraknya pengguna narkotika, terlebih anak dibawah umur. Harus terus dilakukan perhatian untuk permasalahan tersebut, karena delapan puluh persen kasus yang ada, didominasi oleh narkotika.
Pemusnahan barang bukti diantaranya dengan diblender dengan air untuk jenis barang bukti narkotika, sedangkan untuk yang lainnya dimusnahkan dengan cara di bakar dan dipotong menggunakan las.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Kejari Sangatta Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Januari Hingga Oktober Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.