Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » KekerasanTerhadap Anak Di Kutim Meningkat, Ilmu Parenting Perlu Dipahami sejak Dini

KekerasanTerhadap Anak Di Kutim Meningkat, Ilmu Parenting Perlu Dipahami sejak Dini

(20 Views) Juli 23, 2020 8:29 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Kepala Dinas pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Kutai Timur dr. Aisyah menyebut, bahwa sepanjang tahun tahun 2019 hingga tahun 2020 ini, kekerasan terhadap anak di Kutim, cukup meningkat. Hal tersebut disampaikan Kadis PPPA Aisyah, pada peringatan Hari Anak Nasioanal (HAN) tahun 2020, Kamis (23/76/20).

Dikatakan Aisyah, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap, tetapi justru malah terus terjadi. Bahkan yang paling memilukan, hal ini seringkali dilakukan oleh orang- orang terdekat sendiri, yang harusnya menjadi pelindung bagi anak mereka. Contoh kasus beberapa waktu lalu, kejadian ini dilakukan oleh ayah terhadap anak, baik kandung maupun tiri. Ada pula yang dilakukan orang terdekat lainnya seperti paman hingga tetangga.

Dan baru- baru ini terjadi lagi kekerasan terhadap anak dibawah umur yang pelakunya adalah anak- anak itu sendiri. Inilah yang harus menjadi perhatian bersama, jangan menutup mata atas permasalahan ini.

Tetapi bagaimana memberikan kembali hak mereka. baik hak untuk hidup layak, hak bermain, sekolah dan terlindungi agar  masa depan mereka menjadi lebih baik dan tidak dihantui oleh bayang- bayang kejahatan.

Lebih jauh dipaparkan Aisyah, peran orang tua menjadi sangat penting dalam menekan kejahatan.  Untuk itu, pihaknya mengingatkan pentingnya ilmu parenting bagi orang tua dan masyarakat pada umunya. namun program ini lanjut Aisyah belum maksimal disosialisasikan mengingat pandemi Covid- 19. Selain itu, dibuat pula Pusat Komunikasi keluarga (PUSPAGA). yang diharapkan bisa menjadi wadah komunikasi antara anak dan orang tua.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of