Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kekurangan Anggaran, Banyak Puskesmas Di Kutim Minim Ketersediaan Obat    

Kekurangan Anggaran, Banyak Puskesmas Di Kutim Minim Ketersediaan Obat    

(505 Views) Juli 10, 2015 7:25 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Ketua Komisi D DPRD Kutai Timur Uche Prasetyo mengakui jika saat ini anggaran operasional yang diberikan kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) masih sangat minim. Hal ini diungkapkan Uche menanggapi keluhan masyarakat terkait ada beberapa Puskesmas yang sangat minim ketersediaan obat-obatan.

Menurut Uche, berada di Komisi yang membidangi bagian kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dirinya merasa bertanggung jawab agar adanya peningkatan anggaran kesehatan khususnya bagi Puskesmas. Saat ini anggaran yang dialokasikan PemKab Kutim untuk Puskesmas hanya Rp1,8 miliar. Jika anggaran ini dibagikan kepada 22 Puskesmas yang ada di Kutai Timur, maka per tahunnya tiap Puskesmas hanya mendapatkan anggaran lebih kurang Rp81 juta atau Rp6,7 juta per bulannya.

Lanjutnya, tentu saja nilai ini sangat kecil sehingga wajar saja jika ada Puskesmas yang minim ketersediaan obat-obatannya. Padahal sebagai pusat pelayanan kesehatan yang paling terdekat dengan masyarakat di Kecamatan, kunjungan pasien atau masyarakat yang berobat ke Puskesmas lebih banyak jika dibandingkan dengan Rumah Sakit. Sehingga ditahun anggaran baru nanti, Komisi D DPRD Kutim sudah menyiapkan draf ajuan peningkatan anggaran bagi Puskesmas antara 100 persen hingga 200 persen.

(voice)

Lebih jauh Uche mengakui jika saat ini anggaran bagi dunia kesehatan di Kutim masih kurang atau hanya dialokasikan 3 persen lebih dari total APBD Kutim, yang meliputi Dinas Kesehatan, RSUD Kudungga Sangatta dan Program Keluarga Berencana di Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB). Sementara untuk Dinas Kesehatan Kutim sendiri hanya mendapatkan anggaran 2,8 persen. Padahal seharusnya pemerintah mengalokasikan minimal 10 persen dari APBD khusus untuk program kesehatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments