Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kekurangan Sumber Air, 700 Hektar Sawah di Kutim Terancam Puso  

Kekurangan Sumber Air, 700 Hektar Sawah di Kutim Terancam Puso  

(480 Views) Agustus 10, 2015 8:48 am | Published by | No comment

Sangatta. Akibat musim kering yang melanda Kutai Timur tahun ini, diperkirakan hampir 700 hektar persawahan yang ada di Kutai Timur bakal mengalami Puso atau gagal panen. Hal in disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur Syarifuddin Ginting.

Dijelaskan, 700 hektar padi sawah yang ada di Kutai Timur saat ini terancam gagal panen akibat imbas dari kemarau yang berkepanjangan, sementara untuk wilayah Kecamatan Kaliorang ada 246 hektar padi sawah dan diperkirakan 30 hingga 40 persen lahan yang ada ini akan Puso.  Bahkan jika dalam satu minggu kedepan pihaknya gagal menemukan sumber air untuk melakukan pengairan, maka bisa dipastikan pagi sawah ini akan benar-benar puso.

Saat ini pihaknya sudah menyiapkan pengairan sawah dengan cara kompanisasi dari mata air yang dapat dijangkau. Pihaknya bahkan sudah menyiapkan mesin alkon lengkap dengan pipa air untuk menyedot air dari sumber yang masih ada. Saat ini Pemerintah mengupayakan agar Puso dapat diminimalkan hingga 50 persen. Sehingga jika biasanya produksi padi petani mencapai 4 ton padi per hektar, kemungkinan hanya bisa berproduksi 2 ton per hektar.

(Voice)

Diakui Ginting, saat ini permasalahan yang ada adalah bagaimana menemukan sumber-sumber air untuk mengairi sawah-sawah yang ada. Sementara ke depan pihaknya akan membuat bak-bak penampungan atau bendungan agar mampu mengatasi kekurangan air saat terjadi musim kemarau panjang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments