Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kemenag Kutim Tetapkan Kadar Zakat Fitrah 1437 Hijriah Tertinggi Rp 38.000, sedang Rp 30.000, dan terendah Rp 25.000

Kemenag Kutim Tetapkan Kadar Zakat Fitrah 1437 Hijriah Tertinggi Rp 38.000, sedang Rp 30.000, dan terendah Rp 25.000

(472 Views) Juni 24, 2016 8:36 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Kementrian Agama Kabupaten Kutai Timur telah menetapkan kadar zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh masyarakat muslim di wilayah Kutai Timur pada ramadhan 1437 hijriah tahun ini.Kepala Kantor Kementrian Agama Kutai Timur Fahmi Rasyad, kepada IDC FM mengatakan, dari hasil rapat yang dihadiri Kemenag Kutim, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kutim dan seluruh lembaga keagaman Islam lainya di Kutim, telah disepakati dan ditetapkan bahwa kadar zakat fitrah tertinggi di wilayah Kutai Timur sebesar Rp 38.000 per jiwa.

Sedangkan untuk kadar zakat fitrah menengah sebesar Rp 30.000 per jiwa dan terendah sebesar Rp 25.000 per jiwa. Lanjutnya, penetapan kadar zakat fitrah ini sebelumnya telah melalui survei tim dari Kemenag Kutim dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim ke pasar-pasar yang ada di Kota Sangatta untuk mengetahui harga jual beras.

Selain itu, survei juga dilakukan untuk mengetahui dampak kenaikan harga pangan terhadap masyarakat Kutim. Jangan sampai menyebabkan masyarakat muslim Kutai Timur tidak bisa berzakat fitrah. Mengingat berzakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim walaupun dirinya termasuk orang yang tidak berpunya.

(Voice : Kemenag Fahmi – Kadar Zakat Fitrah Kutim)

Lebih jauh Fahmi mengatakan, masyarakat Kutim kini sudah bisa menyalurkan zakat fitrahnya ke lembaga amil zakat (LAZ) atau unit pengumpul zakat (UPZ) yang telah ditunjuk dan ada di masjid-masjid atau musholla di dekat kediaman masing-masing, hingga sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Zakat fitrah selain untuk mensucikan diri seorang muslim, juga memiliki pesan agar setiap muslim mampu berbagi dan meringankan beban saudara muslim lainnya yang fakir dan miskin, agar juga bisa merasakan nikmatnya berhari raya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments