Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kementrian Perhubungan Prediksi Jumlah Pemudik Yang Menggunakan Angkutan Umum Mencapai 17,6 Juta Orang.

Kementrian Perhubungan Prediksi Jumlah Pemudik Yang Menggunakan Angkutan Umum Mencapai 17,6 Juta Orang.

(407 Views) Juni 30, 2016 8:21 am | Published by | No comment

Sangatta – Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan Polres se-Indonesia bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personil beserta kelengkapannya, baik dari POLRI maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Demikian hal di Kabuapten Kutai Timur, pagi tadi Kamis (30 Juni 2016) Polres Kutim juga melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Halaman Polres Kutim, yang dipimpin oleh Kapolres Kutai Timur AKPB Rino Eko. Kegiatan tersbut turut dihadiri Bupati Kutai Timur Ismunandar,adapun peserta apel diikuti Polres Kutim, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatam Laut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Timur.

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang dibacakan Kapolres Kutim AKBP Rino Eko mengatakan Sandi Operasi dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri yang selama ini kita kenal yaitu “KETUPAT” pada tahun 2016 berubah yaitu “RAMADNIYA” yang merupakan singkatan dari Ramadhan dan Hari Raya yang mengandung arti harafiah suci, adil dan sempurna. Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal 30 Juni 2016 sampai 15 Juli 2016.

Melalui kegiatan ini diaharapkan renacana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama seluruh stakeholder terkait, agar situasi kamtibmas maupun kamseltibcar, sehingga masyarakat diseluruh wilayah tanah air dapat merayakan hari raya idul fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh khitmad.

Mudik Merupakan salah satu aktifitas dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri yang telah menjadi tradisi atau budaya masyarakat Indonesia. Mudik dilaksanakan untuk berkumpul dan bersilahturahim dengan sanak keluarga di kampung halaman. Beberapa aktifitas masyarakat bersama keluarga juga meingkat, seperti kegiatan rekreasi. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentunya mempunyai implikasi terhadap lonjakan arus pergerakan orang dan barang, serta mobilitas transportasi maupun transaksi perekonomian diseluruh penjuru tanah air.

Peningkatan aktifitas masyarakat harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi permasalahan Kamtibmas dan Kamtibselcar lantas, baik waktu menjelan, pada saat maupun setelah hari raya Idul Fitri.

Sebagai informasi, bahwa pada tahun 2016 ini, Kementrian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum mencapai 17,6 Juta orang, terdiri dari penumpang angkutan jalan, angkutan penyeberangan, Kereta Api, Angkutan Laut dan Angkutan Udara. Sedangkan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan mobil pribadi diprediksi sebanyak 2,4 juta kendaraan dan untuk sepeda motor sebanyak 5,6 juta kendaraan, dimana puncak arus mudik lebaran untuk semua moda transportasi tersebut diperkirakan akan terjadi pada “H-4 dan arus balik H+3”.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments