Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kerap Demo Buruh Perkebunan, DPRD Kutim Bentuk Panja Ketenaga Kerjaan Perkebunan

Kerap Demo Buruh Perkebunan, DPRD Kutim Bentuk Panja Ketenaga Kerjaan Perkebunan

(506 Views) Februari 24, 2015 4:31 pm | Published by | No comment

Sangatta. Kompleksnya permasalahan seputar ketenaga kerjaan khususnya di bidang perkebunan yang kerap terjadi di Kutai Timur, membuat DPRD Kutim sebagai lembaga yang menjadi perpanjangan tangan rakyat ini memutar otak dan berupaya mencarikan solusi terbaik agar permasalahan yang  mulai menjadi momok di daerah ini dapat teratasi.

Menurut Ketua Komisi D  DPRD Kutim Uche Prasetyo, Kutim sebagai daerah berkembang yang kini sedang giat-giatnya untuk menjadi salah satu daerah sentra perkebunan sawit, tentunya permasalahan yang berkaitan dengan tenaga kerja atau buruh perkebunan akan selalu ada. Bahkan kini hampir setiap bulan ada saja demo buruh perkebunan sawit yang menyambangi kantor DPRD Kutim untuk mengadukan nasib mereka.

Lanjutnya, untuk itu kini pihaknya sudah membentuk panitia kerja (Panja) khusus Ketenaga Kerjaan Perusahaan di Perkebunan. Panja ini nantinya akan mencoba memecahkan permasalahan dengan mencari solusi-solusi dan rekomendasi terkait permasalahan ketenaga kerjaan khusunya di bidang perkebunan.

Lebih jauh Uche mengatakan, selama enam bulan ke depan Panja akan fokus menggodok standar kerja Panja,  berkoordinasi dengan instansi terkait seperti dinas tenaga kerja dan dinas perkebunan. Selan itu pihaknya juga akan memanggil perusahaan perkebunan secara bergantian dan mencari permasalahan apa yang dihadapi terkait ketenaga kerjaan dan kemudian di kroscek dengan serikat buruh yang ada. Namun yang terpenting, kerja Panja ini tidak akan pernah lepas dengan Undang-undang dan perundang-undangan yang berlaku sebagai parameternya. Apakah perusahaan perkebunan yang ada sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku atau belum. (Ibnu Juraid)

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments