Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ketua Komisi IV DPRD Kaltim nyatakan setuju moratorium UN

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim nyatakan setuju moratorium UN

(527 Views) Desember 5, 2016 4:54 pm | Published by | 1 Comment

images

Sangatta –Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Zain Taufik Nurrohman menyatakan setuju terhadap moratorium Ujian Nasional. Dalam dialog yang dilaksanakan Zain bersama dengan RPD Kutim mengatakan, wacana penghentian sementara Ujian Nasional mendapat berbagai argumentasi baik pro kontra yang banyak berkembang di masyarakat. namun menurutnya secara pribadi dirinya cenderung untuk setuju untuk penghentian sementara UN sampai dengan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia paling tidak Kalimantan Timur yang tentu waktunya tidak dapat ditentukan bisa saja lima sampai sepeluh tahun kedepan.

Lebih lanjut dirinya menyatakan setuju karena Ujian Nasional bukan satu-satunya instrument untuk menentukan kelulusan siswa, namun lebih banyak diarahkan untuk memetakan kualitas pendidikan di Indonesia. Metode pemetaan tersebut dapat dilakukan dengan cara lain yang dapat menggunakan biaya yang lebih efisien baik  dari sisi sosial maupun dari sisi sikologis sehingga tidak membebani guru, murid dan orang tua. Karena setiap pelaksanaan UN tidak hanya murid dan guru sibuk menyiapkan UN tetapi para orang tua juga tidak ketinggalan.

Ujian nasional merupakan bagian hilir dari keseluruhan proses pendidikan, peningkatan kualitas guru, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan juga merupakan bagian yang harus diperhatikan untuk ditingkatkan demi menunjang pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

Moratorium atau penghentian sementara  Ujian Nasional  merupakan usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy yang mendapat banyak tanggapan dari masyarakat baik dari kalangan pendidik maupun dari masyarakat umum.

( Voice : khusnul khotimah)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments