Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KH. Anwar Zahid : pentingnya pencegahan paham radikal dengan meningkatan keimanan

KH. Anwar Zahid : pentingnya pencegahan paham radikal dengan meningkatan keimanan

(1503 Views) Februari 5, 2015 1:01 pm | Published by | No comment

IMG-20150205-00672

Sangatta – MEREBAKNYA paham The Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang menghalalkan kekerasan sungguh sangat mengkhawatirkan. Kabar bergabungnya orang Indonesia dengan ISIS dan telah berbaiatnya jutaan orang harus dianggap sebagai suatu informasi yang benar. Akar masalah munculnya radikalisme dalam organisasi yang belakangan ini menuai kebencian di berbagai belahan dunia adalah sikap ketidakadilan.

ISIS lahir sebagai reaksi yang dirasakan mereka sebagai adanya ketidakpuasan itu. Bentuk ketidakadilan itu dijawab dengan cara jalan pintas yakni lewat dengan jalan kekerasan. Maka jelas saja hal tersebut tak sejalan dengan upaya Indonesia yang secara terus-menerus meningkatkan toleransi dan kerukunan yang diterbarkan di Tanah Air.

Pranata yang normal, menurut KH. Anwar Zahid, sudah tak dipercaya lagi. Kemudian dengan dilandasi paham keagamaan tidak tepat, membawa ISIS kepada pemahaman yang radikal, jauh dari toleransi. Dalam ceramahnya didepan ribuan masyarakat Sangatta di Masjid Agung Sangatta pagi hari tadi, KH. Anwar Zahid mengatakan pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat untuk memerangi ISIS adalah dengan mempelajari Islam secara menyeluruh dan Tidak setengah-setengah.
Selain itu KH.Anwar Zahid selaku pengasuh pondok pesantren As-Syafi’iyah Bojonegoro Jawa Timur itu juga mengapresiasi program atau Gerakan Masyarakat atau Murid Magrib Mengaji (GM3) yang menjadi program unggulan sebagai upaya peningkatan pendidikan non-formal di Kutai Timur.

KH.Anwar Zahid percaya Kegiatan mengaji secara tidak langsung mampu memengaruhi sifat anak menjadi lebih peka terhadap sifat ketuhanan sekaligus sadar akan keberadaan Zat Yang Mahabesar, selain itu dapat mendorong terciptanya kawasan wajib mengaji pada waktu Magrib di seluruh wilayah Kutim. Kemudian, mewujudkan etika yang berlandaskan Alquran di lingkungan sekolah dan masyarakat sehingga masyarakat dijauhkan dari paham paham radikal seperti ISIS. (amel:))

Print Friendly, PDF & Email
Tags:
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of