Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kini Pembayaran Non Tunai Berlaku Di Pasar Induk Sangatta

Kini Pembayaran Non Tunai Berlaku Di Pasar Induk Sangatta

(18 Views) September 9, 2020 4:46 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur merupakan pilot project implementasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI).

Khususnya untuk pembayaran retribusi pasar tradisional secara non tunai. Penetapan tersebut merupakan sinergitas antara Bankaltimtara dengan pemkab Kutim.  Penerapannya di Pasar Induk Sangatta (PIS) diharapkan kedepannya diterapkan pula di Kecamatan lainnya seperti di Pasar Sangatta Selatan, Rantau Pulung hingga Wahau Telen.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kepatuhan Bankaltimtara Andi Hadiwijaya dalam launching pilot project E- Retribusi pasar di PIS, yang dibuka oleh Asisten satu Ekonomi dan Pembangunan Suroto, Selasa (8/9/20).

Andi Hadiwijaya menjelaskan, seluruh pedagang di pasar Sangatta Utara  akan diberikan layanan pembukaan rekening guna pembayaran retribusi pasar dengan menggunakan mesin EDC melalui kartu ATM komunitas pasar. Fungsinya sebagai kartu anggota dan ATM, serta menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Ia menambahkan kini sudah terdata 350 pedagang PIS yang membuka rekening di Bankaltimtara dan telah terdaftar di QRIS seluruhnya. Pembayaran retribusi tersebut sambung Andi, rencananya akan diimplementasikan pada pembayaran retribusi harian, bulanan untuk sewa lapak dan parkir.

Perlu diketahui, salah satu manfaat retribusi tersebut adalah optimalisasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui integrasi transaksi perbankan, khususnya Bank Daerah sebagai pemegang kas daerah.

Solikin, salah satu pedagang ayam di PIS mengaku,  pembayaran non tunai ini akan sangat memudahkan mereka. Salah satunya tidak membebani para pedagang untuk menumpuk setoran mereka. Dengan non tunai pembayarannya bisa secara langsung.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of