Menu Click to open Menus
Home » Acara » Kodim 0909 Sangatta Gelar Pembinaan Keluarga Besar TNI

Kodim 0909 Sangatta Gelar Pembinaan Keluarga Besar TNI

(336 Views) April 10, 2018 3:29 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Kodim 0909 Sangatta menggelar pembinaan keluarga besar TNI Triwulan Pertama Tahun Angkatan 2018 di aula Kodim, Selasa, 10 April. Kegiatan yang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun tersebut, dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM), kedua organisasi tersebut merupakan kumpulan turunan dan anak-anak dari Purnawirawan, Wakauri serta Polri yang merupakan bagian keluarga besar TNI.

Pembinaan Keluarga TNI pada FKPPI dan PPM dimaksudkan sebagai wadah, untuk berkomunikasi dan berkoordinasi untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara, menghadapi tantangan zaman dan memajukan daerah.

Kegiatan yang semula dijadwalkan dipimpin Komandan Kodim 0909 Sangatta, Letkol Inf.  Kamil Bahren Pasha, namun karena terbentur tugas di luar kota maka pelaksanaan tersebut diwakilkan kepada Danramil Muara Ancalong, Kapten Inf. Ahmad Zaidi.

Dalam sambutannya Ahmad Zaidi menyampaikan, tugas pokok TNI sudah diatur dalam Undang-Udang Nomor. 34 Tahun 2004 Tentang Tugas Pokok TNI, tugas pokok TNI dibagi menjadi dua, yakni operasi militer perang dan selain perang.

Lebih lanjut Zaidi menambahkan, diatur dalam Udang-Undang, ada tiga komponen Tugas Pokok TNI yakni komponen utama, pendukung dan cadangan. Komponen utama adalah apabila terjadi perang maka TNI yang pertama maju, jika TNI sudah habis, maka komponen pendukung dan cadangan lah yang maju, termasuk tenaga cadangan dari organisasi pemuda.

Ketua PPM Kutai Timur yang juga anggota DPRD Kutai Timur, Herlang Mapatiti yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan, organisasi pemuda memang perlu adanya pembinaan seperti ini, jika tidak dibina maka hanya bisa jadi penonton, padahal  dedikasi yang dimiliki tidak diragukan, karena nasionalisme sudah tertanam dari leluhur

Pembinaan  Keluarga Besar TNI pada tahun ini mengangkat tema, “Mari Kita Wujudkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara bagi KBT melalui bebas narkoba dan terhindar dari pergaulan seks bebas guna menjaga keutuhan NKRI”.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Kodim 0909 Sangatta Gelar Pembinaan Keluarga Besar TNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.