Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kominfo dan Kominfo Daerah Perlu Sinergitas, Agar Penyebaran Informasi Bisa Tembut Kedaerah-dearah blank Spot

Kominfo dan Kominfo Daerah Perlu Sinergitas, Agar Penyebaran Informasi Bisa Tembut Kedaerah-dearah blank Spot

(413 Views) Juni 2, 2016 6:58 am | Published by | No comment

Sangatta, Dishubkominfo. Pasal 28F UUD 1945 Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia” . 

Pasal  asal 28F UUD 1945 ini merupakan dasar, Kementrian Komunikasi dan informatika (Kominfo) Republik Indonesia untuk mengusahakan segala bentuk informasi, agar dapat terakses oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Indonesia, tidak terkecuali dinas-dinas yang berada di level Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur ini.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur selasa (31/5), menggelar sosialisasi Optimalisasi Tata Kelola Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimanatan Timur, di ruang lamin etam kantor Gubernur Kalimantan Timur. Sosialisasi tersebut mendatangkan Direktural Jendral (Dirjen) Komunikasi dan Informatika Niken Widiastuti.

Sosialisasi  tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur kaltim, Awang Farouk Ishak, dan juga dihadiri Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Abdul Hamid Difo, Ketua OMDusman kaltim Hj.Syarifah dan Asisten III Pemprov Kaltim Bere Ali.

Dalam paparannya, mantan Direktur TVRI Kalimantan ini menjelaskan,  segala informasi  dan kebijakan serta program dari pusat harus dapat di desiminasi atau penyebaran penyebaran informasi  dari pusat ke daerah-daerah, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (KomInfo) Kabupaten/Kota yang ada. Dia menegaskan hal tersebut wajib hukumnya  untuk dilakukankan, agar masyarakat mengetahui apa yang  dilakukan  Pemerintah sekarang maupun yang akan datang.

Lebih lanjut, Niken ini mengatakan untuk mencacapi  semua itu, perlu ada sinergisitas antara Kominfo pusat dengan Kominfo yang ada di daerah-daerah, baik Kominfo Provinsi, Kabupaten dan Kota. Pusat selalu berusaha untuk memberikan keadilan informasi bagi seluruh rakyat, tidak terkecuali masyarakat yang ada di daerah-daerah perbatasan, informasi harus dapat menembus keterisolasian yang terjadi pada daerah -daerah Blank Spot sekalipun.

Lebih jauh, Niken menambakan Kominfo adalah pelaksana dari UUD 1945 pasal 28F, karena hal tersebut merupakan  tugas yang tidak mudah, mengingat Indonesia merupakan daerah wilayah kepulauan, dan tersebar hampir di seluruh provinsi Indonesia (Jw/Ria/Desi).

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments