Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Komisi D Dukung Pembelian Alkes RSUD Kudungga

Komisi D Dukung Pembelian Alkes RSUD Kudungga

(573 Views) Februari 1, 2016 6:39 am | Published by | No comment

SANGATTA – Guna memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kutai Timur (Kutim), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim menyatakan persetujuan dan dukungannya kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga soal pembelian alat kesehatan (alkes) tahun ini. Menanggapi hal itu Ketua Komisi D DPRD Kutim Uce Prasetyo mengatakan apabila memang dibutuhkan untuk keperluan masyarakat serta peningkatan pelayanan kesehatan, DPRD mendukung. Apalagi program dimaksud sebagai pemenuhan syarat teknis dari RSUD Kudungga yang telah naik ke tipe B.

“Sudah pernah dirapatkan bersama (antara) RSUD Kudungga dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan kami (DPRD Kutim) siap mendukung,” kata anggota DPRD Kutim dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Uce menambahkan, untuk pembelian alat pihaknya mendukung, namun sebagai saran hendaknya pembelian alat tersebut dibarengi dengan sarana pendukung lainnya. Seperti listrik dan penambahan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Mengingat alat kesehatan akan memakai daya listrik yang cukup besar dan dalam pengoperasiannya dibutuhkan SDM yang mumpuni. Agar lebih efektif, Uce mencontohkan alat seperti Hemodialisa sebaliknya dioperasikan dengan konsep KSO (kerjasama operasional).

“Yaitu penyediaan alat oleh pihak ketiga, lebih kurangnya rental-lah. Bersama itu kita tempatkan rekan-rekan yang ditunjuk sebagai operator, mulai belajar baik pengoperasian dan problematika yang dihadapi bersama alkes itu. Usai mendapatkan tenaga yang mumpuni barulah kita lakukan pembelian alkes tersebut. Rekan-rekan bisa mendapatkan pengalaman lebih melalui KSO. Selain nanti mahir dalam pengoperasian dan mengetahui problematika terkait alkes tersebut,” tutur uce.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Bahrani beberapa waktu yang lalu, salah satu program RSUD tahun ini adalah membeli beberapa alkes guna mendukung pelayanan kesehatan agar lebih optimal. Alkes yang dibeli yaitu CT Scan guna mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Selanjutnya Hemodialisa berupa alat memproses pembersihan darah, digunakan bagi pasien dengan tahap akhir gagal ginjal.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments